JAKARTA, iNews.id - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) kembali melaporkan perkembangan Posko Pengaduan masyarakat terkait maladministrasi penanganan virus corona dan dampaknya. Berdasarkan rekapitulasi dari Ombudsman, tercatat pelaporan didominasi oleh aduan terkait pengelolaan dan penyaluran dana bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah.
Ketua Ombudsman Amzulian Rifai mengatakan, data hingga Selasa 12 Mei 2020 pukul 18.00 WIB, total aduan yang masuk ke Posko Ombudsman sebanyak 387 aduan.
"Terbanyak kedua yang dilaporkan adalah bidang keuangan sebanyak 89 aduan atau 23 persen, disusul pelayanan kesehatan dan transportasi sebanyak 8 aduan atau 2 persen, dan keamanan sebanyak 4 aduan atau 1 persen," ucapnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/5/2020).
Sedangkan jika berdasarkan lokasi pengaduan, laporan terbanyak berasal dari wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi yakni 47 atau 12 persen. Disusul Sumatera Barat sebanyak 44 aduan atau 11,37 persen, dan Banten sebanyak 34 aduan atau 8,79 persen.
Serta, Sulawesi Selatan sebanyak 26 aduan atau 6,72 persen, Jawa Barat sebanyak 24 aduan atau 6,20 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 23 aduan atau 5,94 persen, lalu ada Jawa Timur sebanyak 22 aduan atau 5,68 persen dan terakhir Jawa Tengah sebanyak 21 aduan atau 5,43 persen.