Azis Syamsuddin (foto: Antara)
Arie Dwi Satrio

JAKARTA, iNews.id - Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendapatkan vonis 3 tahun dan 6 bulan atau 3,5 tahun penjara dari Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Lantas, bagaimana respons Azis?

Usai pembacaan vonis, Azis mengucapkan terima kasih kepada hakim. Azis mengaku akan pikir-pikir apakah banding atau menerima vonis tersebut.

"Terima kasih yang mulia. Bismillah, dengan putusan yang dijatuhkan pada saya, saya akan pikir-pikir," kata Azis di ruang sidang, Kamis (17/2/2022).

Ketika dimintai tanggapannya oleh wartawan terkait putusan hakim usai persidangan, Azis bergeming. Azis enggan berkomentar sedikit pun soal putusan hakim tersebut.

Azis hanya menyalami beberapa kolega yang hadir di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat lalu pergi untuk kembali ke rumah tahanan.

Sementara itu, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyatakan pikir-pikir. Tim jaksa KPK butuh waktu untuk menyikapi putusan majelis hakim terhadap Azis Syamsuddin.

"Tanpa mengurangi hormat pada putusan, kami nyatakan pikir-pikir," kata salah seorang tim Jaksa KPK.

Majelis Hakim sebelumnya menjatuhkan vonis 3 tahun dan 6 bulan atau 3,5 tahun penjara kepada Azis Syamsuddin. Azis juga divonis untuk membayar denda sebesar Rp250 juta subsider 4 bulan kurungan.

Vonis majelis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan yang diajukan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Tim jaksa sebelumnya menuntut Azis 4 tahun dan 2 bulan penjara serta denda sebesar Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan.


Editor : Reza Fajri

BERITA TERKAIT