Kasus Beras Oplosan Muncul, YLKI: Harga Diri Konsumen Diinjak

Jonathan Simanjuntak
Sekretaris Jenderal YLKI, Rio Priambodo (foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai, harga diri konsumen kembali diinjak dengan munculnya kasus beras oplosan. Apalagi, kasus ini muncul setelah tak lama ada kasus minyak goreng oplosan.

"Kemarin MinyaKita, soal minyak, sekarang beras, besok soal apa. Ini yang perlu bagaimana sikap kami sebagai konsumen, jangan sampai kami sebagai konsumen, sangat harga diri kami diinjak-injak soal ini," ujar Sekretaris Jenderal YLKI, Rio Priambodo, dalam tayangan Interupsi di iNews, Kamis (17/7/2025) malam.

Rio menyatakan, pemerintah mesti proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha hingga tegas dalam penegakan hukum. Seluruh upaya pemerintah harus mencakup perbaikan sistem.

"Ini harus diperbaiki ke depan. Kenapa? Beras ini bukan barang yang sekunder. Ini barang pokok yang kalau konsumen beli, bukan cuma sekali, tapi kontinyu," tambah Rio.

Menurut Rio, pemerintah juga harus turun mengedukasi masyarakat terkait produk-produk pangan yang tersedia.

Selain itu, pemerintah perlu memfasilitasi konsumen untuk mengadu atas bahan pangan yang tidak sesuai standarnya.

Editor : Reza Fajri
Artikel Terkait
Nasional
4 bulan lalu

Kepala Bapanas Beri Waktu 2 Pekan untuk Produsen 26 Merek Beras Premium Benahi Kualitas  

Nasional
4 bulan lalu

Heboh Beras Oplosan, Guru Besar IPB Minta Pemerintah Gunakan Diksi yang Tepat

Nasional
4 bulan lalu

Kepala Bapanas soal Beras Oplosan: Memang Harus Dicampur, tapi Ada Aturannya

Buletin
10 jam lalu

Heboh Jasa Nikah Siri Dijual Online, MUI Tegas: Hak Anak dan Istri Bisa Hilang!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal