Penasaran deretan PO bus mana saja yang menjadi penguasa jalur Pantura, berikut deretannya. (Foto: Geleri Instagram)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Beberapa perusahaan otobus (PO) dikenal sebagai penguasa jalur Pantura. Ketepatan waktu menjadi prioritas utama mereka. 

Tak heran, mereka memiliki komunitas fanatik dan melegenda. Buat yang penasaran, deretan PO bus mana saja yang menjadi penguasa jalur Pantura. Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretannya. 

1. Luragung Jaya

PO bus pertama yang dijuluki sebagai penguasa jalur Pantura adalah Luragung Jaya. PO bus yang satu ini berasal dari kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bus ini bisa dibilang melegenda. 

2. Setia Negara

Setia Negara merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Setia Negara terkenal memiliki sopir termapil. PO bus Setia Negara merupakan saingan berat Luragung Jaya. 

3. Pahala Kencana

Berbicara soal penguasa jalur Pantura, Pahala Kencana tidak boleh dilewatkan. Merekq sudah dikenal sejak 1990 hingga 2000.

Pahala Kencana merupakan PO bus dari Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Saat itu, mereka dikenal sebagai rajanya aspal. 

4. Eka & Mira

Kalau kalian berasal dari Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan PO Eka & Mira. PO bus ini terkenal sebagai penguasa Pantura dengan laju kecepatan sangat tinggi. Skill sopirnya dalam mengemudi bus tak diragukan lagi. 

Saat ini PO Eka & Mira terus berbenah memperbaiki pelayanannya pada konsumen. Selain menghadirkan armada bus yang terbaru, PO bus ini juga mulai menerapkan limit kecepatan pada tiap armadanya.

5. Sumber Kencono

Sumber Kencono tidak asing di telinga busmania. Bus ini dikenal sebagai armada dengan ketepatan waktunya. PO Sumber Kencono didirikan oleh Setyaki Sasongko di Sidoarjo, Jawa Timur, pada 1981.

Memiliki pelayanan baik membuat PO Sumber Kencono terus berkembang. Bahkan pada tahun 2005, 2007 dan 2008, PO Sumber Kencono mendapatkan penghargaan dari Menteri Perhubungan sebagai salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaraan angkutan Lebaran. Mereka pun bertranformasi dengan beberapa nama, salah satunya Sumber Jaya. 



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT