Deretan PO Bus Jadi Musuh Abadi di Jalurnya, Ada Raja Jalanan Pantura!

Muhamad Fadli Ramadan
Deretan PO Bus Jadi Musuh Abadi di Jalurnya (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Persaingan dalam dunia transportasi, khususnya bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) semakin ketat. Bahkan, itu sampai menimbulkan permusuhan di antara dua PO bus pada jalur yang sama karena saling berebut penumpang.

Bus masih menjadi moda transportasi andalan masyarakat Indonesia dalam bepergian karena tarifnya yang murah. Tetapi, calon penumpang juga memilih bus yang akan ditumpanginya demi kenyamanan sepanjang perjalanan.

Hal tersebut yang membuat PO Bus bersaing, bahkan sampai menjadi musuh karena kehadiran salah satunya membuat mereka kehilangan penumpang.

Penasaran siapa saja PO Bus yang menjadi musuh abadi di jalurnya? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Luragung vs Primajasa

Sebelum Tol Cipali terbentuk, bus Luragung merupakan penguasa jalur Pantura, Palimanan-Cikopo. PO Bus ini terkenal gaya berkendaranya yang ugal-ugalan, bahkan tak sedikit yang terlibat kecelakaan lalu lintas. Sejak Tol Cipali membentang, PO Luragung sedikit redup karena sebagian besar mereka memilih melalui tol ketimbang jalur Pantura. Dahulu mereka bersaing dengan PO Setia Negara, yang sudah diakuisisi oleh Hiba Group.

Sayangnya, PO Setia Negara kurang diminati oleh masyarakat Kuningan, Jawa Barat, sehingga sekarang bus mereka jarang masuk ke sana. Tapi pada 2019 lalu, jalur Kuningan dimasuki PO Bus raksasa, Primajasa, dengan tarif yang lebih murah dan armada baru. Hal ini memaksa PO Luragung harus membagi penumpang mereka dengan Primajasa. Bahkan, kru kedua perusahaan otobus tersebut sering berselisih paham akibat berebut penumpang.

2. EKA MIRA vs Sumber Group

PO Sugeng Rahayu yang berada di bawah naungan Sumber Group memiliki saingan sangat berat, yaitu bus EKA MIRA. Kedua PO bus tersebut merupakan penguasa trayek Surabaya-Semarang-Jogja.

Banyaknya armada yang diterjunkan membuat para kru bus harus pandai dalam mencari penumpang. Kedua PO bus juga kerap melaju kencang demi mengejar penumpang agar tidak dahului oleh pesaingnya. Bahkan, persaingan dua PO bus ini terasa sampai Jawa Barat. PO EKA melebarkan sayapnya dengan membuka jalur ke Bandung, dan diikuti oleh Sumber Group yang membuka trayek sampai ke Kuningan, tapi itu sudah cukup membuktikan kedua PO bus ini tak mau kalah dengan pesaingnya.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
Buletin
4 bulan lalu

Karyawan PO Bus Kena PHK gegara Kebijakan Gubernur Jabar Dedi Mulyadi Larang Study Tour

Niaga
5 bulan lalu

Bus Ada Kecoa dan Izin Kedaluwarsa, PO Rosalia Indah: Perizinan Sudah Terbit Sistem Belum Update

Mobil
6 bulan lalu

Langgar Aturan, Kemenhub Bakal Tindak Tegas PO Bus ALS Tewaskan 12 Penumpang

Niaga
7 bulan lalu

Gempar Pemudik Meninggal di Dalam Bus, Diduga Korban Kelelahan

Niaga
7 bulan lalu

Aksi Ugal-ugalan Sopir Bus Surabaya-Semarang Viral hingga ke China: Di Negara Lain SIM-nya Sudah Dicabut 200 Kali

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news