Veloz Hybrid membawa teknologi Hybrid EV generasi terbaru ke segmen MPV keluarga, menawarkan pengalaman berkendara lebih halus, nyaman, fun, responsif, dan hemat bensin untuk mobilitas harian maupun perjalanan jarak jauh. Mobil ini dibanderol Rp299 juta untuk seri V Grade, khusus pemesanan hingga 31 Desember 2025.
Hanya mengandalkan satu unit New Veloz Hybrid EV dan durasi perjalanan yang diperkirakan tidak kurang dari 50 hari, ekspedisi ini ingin menunjukkan bahwa Quality, Durability & Reliability (QDR) telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari semua solusi mobilitas Toyota di seluruh dunia. Termasuk Veloz, yang selama 14 tahun telah menemani perjalanan keluarga Indonesia.
Tim akan melewati berbagai medan jalan yang penuh tantangan dan bakal menguras seluruh kemampuan kendaraan. Mulai dari jalan tol yang mulus, jalan antar kota yang dinamis, jalan perkotaan yang padat, sampai jalan pegunungan yang berkelok dan naik-turun. Tidak tertutup pula melewati jalan pedesaan untuk bermain off-road ringan.
Rute dimulai dari Lombok menuju Bali dan Banyuwangi, dilanjutkan ke Bromo, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Perjalanan kemudian berlanjut ke Pulau Sumatera melewati Palembang, Jambi, Bukittinggi, hingga Danau Toba dan sekitarnya.
Di daerah-daerah yang dilewati, tim akan mengeksplorasi wisata alam dan wisata kuliner sebagai bentuk keragaman budaya, kearifan lokal, dan gaya hidup masyarakat, serta mengunjungi para pahlawan lokal yang telah banyak berkontribusi pada kemajuan daerahnya.
30 Tahun Lalu
Flashback 30 tahun lalu, PT TAM telah lebih dulu mengadakan program Kijang Lintas Nusa 1995 untuk menyemarakkan HUT Ke-50 RI. Tidak kurang dari 50 unit Kijang Super berwarna merah-putih ambil bagian dalam perjalanan selama 36 hari menempuh jarak sepanjang 6.000 km melewati 29 kota di 16 provinsi. Mereka memulai perjalanan dari Aceh dan berakhir di Larantuka pada 1 Juli-5 Agustus 1995.
Di tahun 2014, Avanzanation Journey mengunjungi berbagai wilayah sebagai rangkaian perayaan 10 tahun Toyota Avanza. Sekitar 10.000 pengguna Avanza turut meramaikan perjalanan selama kurang lebih 1 bulan dalam touring sejauh 35.000 km, melintasi lebih dari 45 kota. Tim berangkat dari tiga titik yang berbeda dan finish di Jakarta, mempelajari ragam budaya Indonesia yang berlimpah.
“Kami ingin setiap transformasi yang dilalui oleh produk Toyota akan berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan. Melalui Veloz Hybrid EV Lintas Nusa 2025, mereka dapat melihat sendiri keandalan Hybrid EV Toyota ketika melewati berbagai kondisi jalan dari Mandalika sampai wilayah barat Indonesia," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide..
"Kami berharap New Veloz Hybrid EV dapat tumbuh sebagai lokomotif dalam mendorong adopsi kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Sebagai produk lokal, kehadiran Hybrid MPV ini akan turut memutar roda perekonomian lewat manufaktur, supply chain, dan ekosistem pendukung mobilitas lainnya,” katanya.