Pangsa Pasar Mobil Jepang Turun, Mazda Akui Ikut Terkoreksi

Dani M Dahwilani
Mazda mengungkapkan hanya mengalami penurunan 0,12 persen market share pada Oktober 2025. (Foto: Dok)

Proyeksi Industri Otomotif 2026

Untuk 2026, Mazda melihat peluang pemulihan secara bertahap. Semester pertama diperkirakan masih stabil. Sementara akselerasi pertumbuhan dapat terjadi pada semester kedua. 

Pemulihan ini memerlukan prasyarat seperti stabilitas sosial, birokrasi yang memudahkan, kompetisi industri yang positif, dan sinergi lintas ekosistem. “Kurva daya beli diharapkan kembali naik. Dengan ekosistem yang sehat dan kolaboratif, industri ini akan menemukan momentum-nya,” ujar Ricky.

Untuk menjaga relevansi pada 2026, Mazda akan menerapkan strategi segmentasi yang lebih presisi, membidik konsumen yang mengutamakan kenyamanan berkendara, kebanggaan terhadap desain dari mobil yang dimiliki, serta menghargai nilai emosional dalam kepemilikan kendaraan. Mazda juga memperkuat kapabilitas sales force agar lebih akurat mengidentifikasi karakter konsumen-nya.

Selain penyempurnaan strategi segmentasi di 2026, Mazda juga akan meluncurkan beberapa model baru, mayoritas SUV, selaras dengan kebutuhan pasar Indonesia yang menekankan utilitas dan kenyamanan.

Mazda juga menunjukkan komitmen investasi jangka panjang-nya melalui pembangunan Training Center baru untuk memperkuat ekosistem mulai dari penjualan hingga aftersales.

“Training Center ini adalah bukti investasi kami. Mazda hadir bukan hanya sebagai brand, tetapi sebagai ekosistem yang mendukung pengalaman pemilik dari awal hingga akhir,” kata Ricky.

Melihat dinamika pasar saat ini, Mazda menempatkan diri bukan sekadar sebagai pemain otomotif, tetapi pembawa filosofi dan pengalaman. Menggabungkan nilai rasional seperti TOC dan aftersales dengan emotional value lewat desain dan driving experience, Mazda membangun keseimbangan yang semakin relevan bagi konsumen Indonesia.

Mazda meyakini masa depan industri otomotif Indonesia adalah perpaduan antara logika dan rasa, didefinisikan melalui kualitas produk, desain yang memiliki jiwa, serta pengalaman berkendara yang menciptakan hubungan emosional kuat dengan pengendara.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
20 hari lalu

Melantai di GJAW 2025, Mazda Bawa 4 Model Mobil Beri Pengalaman Berkendara Lebih Personal

Mobil
2 bulan lalu

Lokasi Masih Rahasia, Mazda Pastikan Pabrik di Indonesia Beroperasi Tahun Depan

Mobil
2 bulan lalu

Penjualan Mobil di 2025 Penuh Tantangan, Ini Langkah Mazda

Mobil
5 bulan lalu

Ade Rai Jadi Pemilik Pertama Mazda CX-60 di Indonesia, Ini Alasannya!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal