Model terbaru Honda Vario 160 memiliki ruang bagasi sebesar 18 liter dengan tangki bahan bakar yang dapat menampung 5,5 liter. Tapi, dengan kapasitas mesin yang sama, kenapa PCX 160 dan ADV 160 tak menggunakan rangka eSAF?
General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan hal tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyak hal. Penentuan jenis platform disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
“PCX sama ADV kenapa nggak pakai eSAF? Ya, karena memang setiap produk itu kita kembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan konsumennya itu sendiri,” kata Muhib saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
“Pengembangan sebuah produk tersebut diawali riset sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga kita bedakan masing-masing motor sesuai dengan kebutuhan dan juga (karakter) konsumennya seperti apa,” ujarnya.
Berdasarkan laman Astra Honda Motor, PCX 160 dan ADV 160 menggunakan rangka Double Cradle. Ini merupakan jenis rangka yang terdiri atas dua buah pipa penyangga kedua sisi mesin, Double Cradle yaitu dudukan ganda. Ini menjadikan motor tersebut lebih kokoh, dan tak terimbas kasus rangka keropos.