Bagi pemilik kendaraan di sejumlah negara salah satu pengeluaran yang dikeluhkan dalam beraktivitas adalah biaya parkir. (Foto: Reuters)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Bagi pemilik kendaraan salah satu pengeluaran yang dikeluhkan dalam beraktivitas adalah biaya parkir di gedung atau kawasan komersial. Ini juga dirasakan pengendara di luar negeri. 

Bahkan ada negara yang mematok tarif parkir selangit. Tak tanggung-tanggung, biayanya mencapai 354,75 persen di atas rata-rata tarif parkir di negara lain. 

Penasaran negara mana saja yang memiliki tarif parkir termahal? Dilansir dari The National News, Senin (16/5/2022), berikut daftarnya:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara dengan tarif parkir termahal. Di kota New York khususnya, biaya parkir satu jam di pusat perbelanjaan menyentuh 30 dolar AS atau sekitar Rp439.000. Untuk biaya parkir di stadion rata-rata 33 dolar AS atau Rp483.000 per jam.

2. Australia

Di posisi kedua ada Negeri Kanguru, Australia. Tepatnya di Sydney, tarif parkir rata-rata mencapai 27,37 dolar AS atau sekitar Rp395.00 per 2 jam. Artinya untuk parkir sejam di sana harus merogoh kocek sekitar Rp180 ribuan.

3. Inggris

Para pengguna kendaraan yang datang ke London, Inggris harus hati-hati mencari tempat parkir karena tarifnya yang mahal. Biaya parkir di kota ini bisa mencapai 10,4 dolar AS atau sekitar Rp 159.000 per jam.

4. Prancis

Negara dengan biaya parkir termahal selanjutnya adalah Prancis. Di ibu kota Paris biaya parkir yang dikenakan cukup mencekik mencapai 4,23 dolar dolar AS atau di kisaran Rp62.263 per jam. 

5. Jerman

Tarif parkir yang "tak masuk akal" selanjutnya masih di wilayah Eropa, yaitu Jerman. Negara itu membebankan biaya parkir yang cukup tinggi kepada masyarakat, yaitu 4,09 dolar AS atau sekitar Rp60.000.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT