Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil merajai MotoGP Amerika Serikat (AS) 2021 di Circuit of the Americas (COTA), Senin (4/10/2021) dini hari WIB. (Foto: Twitter/MotoGP)
Fitradian Dhimas Kurniawan

AUSTIN, iNews.id - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil merajai MotoGP Amerika Serikat (AS) 2021 di Circuit of the Americas (COTA), Senin (4/10/2021) dini hari WIB. Itu kemenangan kedua The Baby Alien musim ini dan total ketujuh di Austin sepanjang karier.

Marquez yang memulai balapan di posisi ketiga, langsung melesat ke depan. Dia mendahului Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo yang menduduki pole position serta posisi kedua.

Nasib Bagnaia semakin memburuk, karena dia justru kehilangan banyak posisi. Sementara Quartararo sanggup menduduki posisi kedua, di belakang Marquez yang melaju cepat.

Saking cepatnya Marquez, dia sampai sudah memperlebar jarak yang cukup jauh dalam beberapa putaran. Pembalap asal Spanyol tersebut lalu juga menorehkan fastest lap di putaran keenam.

Sedangkan Bagnaia sempat terjebak di posisi keenam pada putaran kedelapan. Tetapi, dia sukses menyalip pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins dan merebut posisi kelima.

Bagnaia kemudian tak perlu bersusah payah untuk menyalip rekannya, Jack Miller. Pasalnya, Miller langsung membiarkan Bagnaia lewat tanpa banyak perlawanan, dan memberikan peringkat keempat.

Memasuki putaran ke-15, kedigdayaan Marquez di COTA semakin tak tersentuh. Dia bahkan sukses membuat jarak 4 detik atas Quartararo yang bertahan di posisi kedua.

Sementara posisi ketiga menjadi perebutan hingga putaran terakhir. pasalnya, Bagnaia mengalami kesulitan dalam mendahului pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin.

Martin terus bekerja keras menghalau Bagnaia, sampai kedapatan memotong tikungan. Akibatnya, Martin pun dihukum dengan penalti long-lap, dan posisi ketiga menjadi milik Bagnaia. Sedangkan kemenangan direbut Marquez. 


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT