Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kalah 19-21, 16-21 dari duo China Chen Qingchen/Jia Yifan pada perempat final Piala Uber. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Cikal Bintang

BANGKOK, iNews.id - Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kalah 19-21, 16-21 dari duo China Chen Qingchen/Jia Yifan pada perempat final Piala Uber 2022, Kamis (12/5/2022). Srikandi Merah Putih tertinggal 0-2.

Setelah ini tongkat estafet dipegang tunggal putri kedua. Si bocah ajaib Magelang Bilqis Prasista berhadapan dengan He Bing Jiao.

Jalannya Pertandingan

Febriana/Amalia mengawali pertandingan di Impact Arena dengan cukup baik. Permainan efektif berhasil diterapkan oleh keduanya untuk mengumpulkan poin demi poin di awal gim pertama.

Namun, Chen/Jia juga berupaya untuk mengimbangi permainan konsisten Febriana/Amalia. Ganda putri nomor satu dunia itu terus melancarkan serangan masif untuk membongkar pertahanan wakil Indonesia.

Akan tetapi, beberapa pukulan kerasnya justru melewati garis lapangan. Alhasil, Febriana/Amalia yang bermain konsisten sukses mengungguli Chen/Jia pada interval pertama dengan skor 11-8.

Selepas jeda, Chen/Jia langsung bermain agresif untuk mengejar ketertinggalan. Terpantau, keduanya bergantian melancarkan pukulan keras untuk meruntuhkan pertahanan Febriana/Amalia.

Hasilnya manis, peraih medali perak Olimpiade 2020 itu berhasil menyamakan kedudukan menjelang gim pertama berakhir. Kini, Febriana/Amalia harus menerapkan strategi berbeda untuk kembali unggul.

Namun demikian, strategi itu tidak mampu mengimbangi permainan agresif yang diterapkan Chen/Jia. Akhirnya, pasangan Indonesia harus mengakui kehebatan ranking satu dunia itu dengan skor 19-21.

Pada gim kedua, Febriana/Amalia langsung menerima gempuran serangan pasangan China. Terpantau, duo Indonesia itu tak bisa membendung serangan yang dilancarkan Chen/Jia.

Terlebih, beberapa variasi serangan yang diterapkan oleh Febriana/Amalia terbukti tidak efektif. Hasilnya, pasangan China mampu mengungguli wakil Indonesia di interval pertama dengan skor 11-5.

Seusai interval, Chen/Jia yang dalam unggul kembali bermain agresif untuk terus mendulang poin. Secara bergiliran, Chen/Jia melepaskan smash keras untuk merobohkan pertahanan Febriana/Amalia.

Alhasil, beberapa bola tanggung yang tercipta mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Chen/Jia. Situasi ini terus terjadi hingga memasuki akhir pertandingan di gim kedua.

Pada akhirnya, tekanan yang terus dilakukan Chen/Jia mampu meruntuhkan pertahanan Febriana/Amalia. Alhasil, Chen/Jia menang atas Febriana/Amalia di gim kedua dengan skor 21-16.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT