Laos U-19 tampil beringas dengan mencapai final pertamanya di ajang Piala AFF U-19 2022. Kini, Laos bertekad merusak dominasi Indonesia, Thailand hingga Vietnam (Foto: Instagram/@lff_official)
maulana yusuf

BEKASI, iNews.id- Laos U-19 tampil beringas dengan mencapai final pertamanya di ajang Piala AFF U-19 2022. Kini, Laos bertekad merusak dominasi Indonesia, Thailand hingga Vietnam di SEA Games 2023.

Laos menjadi runner up Piala AFF U-19 2022. Laos takluk dari Malaysia U-19 di partai final Piala AFF U-19 2022.

Malaysia U-19 berhasio menjadi juara Piala AFF U-19 2022 usai mengalahkan Laos U-19 dengan skor 2-0. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/7/2022) malam WIB.

Pasukan Malaysia U-19 mengakhiri catatan sejarah baru Laos U-19 di ajang tersebut dengan kemenangan. Adapun, gol kemenangan Malaysia U-19 dicetak oleh Faiz Amer di menit ke-13 dan Aliff Izwan Yuslan di menit ke-76.

Laos U-19 meraih status runner-up turnamen tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pelatih Laos, Michael Weiss pun menorehkan tinta emas kala berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 2022. 

Michael Weiss mengungkapkan rasa terima kasih kepada Indonesia, skuadnya, dan pihak lainnya yang turut berpartisipasi dalam ajang Piala AFF U-19 tahun ini. Pelatih berusia 53 tahun itu juga tidak menyangka timnya bisa melaju sejauh itu di Piala AFF U-19 2022.

"Terima kasih Indonesia atas turnamennya, terima kasih pemain kami, negara kami, federasi Laos, kami mencapai kesuksesan besar. Tiada yang percaya kami bisa menjadi runner up, kami tidak beruntung di laga ini, Malaysia layak menang, kami lihat ada perbedaan fisik dan teknik," kata Michael Weiss, dalam konferensi pers usai pertandingan, Sabtu (16/7/2022).

Michael Weiss bertekad akan terus melakukan peningkatan terhadap anak asuhnya. Bahkan, ia menebar ancaman untuk negara Asia Tenggara di SEA Games 2023 nanti dengan pasukan yang ada.

"Saya punya tiga tahun kontrak, saya akan pergi dari turnamen ke turnamen, saya akan lakukan persiapan sebagus mungkin yang saya bisa," kata Michael Weiss.

"Saya katakan kepada pemain usai laga, skuad ini adalah inti untuk SEA Games (2023 di Kamboja)," tambahnya.

Oleh karena itu, Michael Weiss memastikan lawannya nanti akan dibuat kerepotan oleh Skuad Laos di bawah asuhannya. Meskipun, ia tidak menjanjikan bisa menampilkan permainan yang ciamik.

"Lawan akan lebih berat (menghadapi Laos). Saya tidak bisa janjikan permainan cantik, tapi saya realistis, saya akan membangun sepak bola negara ini, tetapi saya juga ingin realistis di waktu yang sama," tandasnya.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT