Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi akan memimpin rekan setimnya di Piala Dunia 2022. Dalam ajang tersebut timnya memiliki potensi menyalip rekor tak terkalahkan Italia. (Foto: Instagram/@afaseleccion)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Skuad Timnas Argentina menjadi salah satu tim yang diunggulkan di Piala Dunia Qatar 2022. Banyak yang berharap Lionel Messi dan kawan-kawan bisa membawa kembali kejayaan tertinggi seperti yang pernah diraih pada 1978 dan 1986.

Di putaran Piala Dunia nanti, Argentina berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Mestinya, mereka menjadi tim yang paling mendominasi lantaran menjadi skuad terkuat dengan ranking FIFA tertinggi di grup tersebut.

Anak asuh Lionel Scaloni akan memulai pertandingan Piala Dunia 2022 pada tanggal 22 November melawan Arab Saudi di Stadion Lusail.

Timnas berjuluk La Albiceleste itu kini tengah dalam performa terbaiknya setelah berhasil menjadi juara di Copa America 2021. Terbaru, Argentina bahkan tampil sangat gemilang dalam dua pertandingan FIFA matchday terakhirnya. 

Mereka berhasil menggilas Honduras dengan skor 3-0 pada Sabtu, 24 September 2022. Empat hari berselang, Lionel Messi dkk kembali menuai kemenangan atas Jamaika dengan skor 3-0 di pertandingan yang dihelat pada Selasa, 28 September 2022.

Total, Argentina tidak lagi terkalahkan dalam 35 pertandingan sejak kekalahan mereka dari Brasil di semifinal Copa America 2019 silam. Oleh sebab itu, tidak heran jika Timnas Argentina menjadi tim yang sangat diunggulkan di Piala Dunia Qatar 2022.

Skuad Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

Dikutip iNews.id dari Sportskeeda, Senin (3/10/2022) berikut daftar 28 pemain Argentina yang akan dibawa Lionel Scaloni di Piala Dunia Qatar 2022.

Nyatanya, skuad Argentina memang bertabur pemain bintang yang hampir seluruhnya memiliki kareir gemilang di Eropa. Berikut ini adalah daftarnya:

Penjaga Gawang (Kiper):
Franco Armani (River Plate), Emiliano Martinez (Aston Villa), Geronimo Rulli (Villarreal).

Bek:
Gonzalo Montiel (Sevilla), Nahuel Molina (Udinese), Germán Pezzella (Real Betis), Cristian Romero (Tottenham), Nehuen Perez (Udinese), Lisandro Martínez (Ajax), Nicolás Otamendi (Benfica), Marcos Acuña (Feyenoord), Facundo Medina (Lens), Nicolás Tagliafico (Ajax).

Gelandang:
Leandro Paredes, Guido Rodriguez (Real Betis), Enzo Fernández (Benfica), Alexis Mac Allister (Brighton), Rodrigo de Paul (Atletico Madrid), Giovani Lo Celso (Villarreal), Alejandro Gómez (Sevilla), Thiago Almada (Atlanta).

Penyerang:
Paulo Dybala (AS Roma), Angel Di Maria (Juventus), Lionel Messi (PSG), Julian Alvarez (River Plate), Joaquin Correa (Inter), Angel Correa (Atletico Madrid), Lautaro Martinez (Inter Milan).

Strategi Lionel Scaloni

Pada Piala Dunia 2022 mendatang, akan ada sedikit perubahan pada skuad Albiceleste. Lionel Scaloni selaku pelatih memang telah membangun pondasi tim kokoh di Timnas Argentina dalam dua tahun terakhir.

Berkaca pada Piala Dunia 2018 lalu, Argentina saat itu bisa dibilang begitu kacau. Mereka yang saat itu diasuh oleh Jorge Sampaoli hanya mampu melaju hingga babak 16 besar. Akibatnya, Jorge Sampaoli selaku pelatih saat itu akhirnya dipecat karena timnya melempem.

Setelah Timnas Argentina dibenahi oleh Lionel Scaloni, mereka kini mendapat julukan sebagai 'Scaloneta' yang artinya rumah yang dia (Lionel Scaloni) bangun.

Filosofi permainan yang dipakai oleh Lionel Scaloni adalah memainkan bola cepat, merebut dengan cepat, lalu counter dengan cepat ke pertahanan lawan.

Pada masa Sampaoli dulu, Argentina tidak didukung dengan bek yang cepat dan penjaga gawang yang kurang cekatan. Hal itu membuat Argentina tertatih-tatih dan bahkan pernah dihajar Rusia tiga gol tanpa balas.

"(Finalis Piala Dunia 2018) Prancis dan kroasia mencuri bola dan berada dalam posisi untuk menembak dalam 3 atau 4 detik." kata Scaloni berkaca pada Piala Dunia Rusia, dikutip dari ESPN.

"Begitulah sepak bola berjalan, ini sepak bola yang saya suka dan saatnya telah tiba untuk memperkenalkan ini di Argentina."

"Kami akan lebih langsung dan vertikal," jelas Scaloni.

Itulah skuad Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Menarik dinantikan seperti apa dan sejauh apa Scaloni mampu membawa Argentina melesat.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT