Mengenal Absensi Online dan Keuntungan bagi Perusahaan yang Menggunakannya

Tim MNC Portal
Ilustrasi absensi online. (Foto: Ilustrasi/ist)

2. Real-time
Saat new normal, absensi online akan sangat memungkinkan karyawan mengisi absensi di mana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir absensi mereka tidak tercatat karena didukung dengan teknologi cloud, karyawan dapat absen asalkan tetap terhubung dengan koneksi internet, sehingga proses pengisian absen dan pengecekan menjadi lebih praktis.

3. Mengurangi Human Error
Pencatatan absensi secara manual akan cenderung membuat melakukan kesalahan. Beberapa kesalahan mungkin butuh keseriusan untuk ditangani. Penggunaan aplikasi absensi online tentunya akan mengurangi human error yang terjadi.

4. Update Data Absensi
Memperbarui data absensi karyawan secara manual merupakan tugas yang membutuhkan tenaga dan waktu bagi tim HR. Tetapi dengan menggunakan absensi online, tim HR akan dapat dengan mudah memperbarui dan menjaga data absensi karyawan karena data terpusat.

5. Easy to Use
Penggunaan absensi online yang sangat mudah, karyawan hanya perlu login selanjutnya clock-in maupun clock-out di aplikasi. 

Saat ini berbagai perusahaan di dunia memang menuju dunia digitalisasi. Pembelajaran penggunaan aplikasi baik itu bagi tim HR maupun karyawan memang seharusnya mulai dilakukan dari sekarang.

Nah, setelah mengetahui penjelasan terkait absen online, apakah kamu tertarik untuk menggunakan absensi online? 

Bagaimana tidak, dengan segala keefektifannya absensi online dapat menjadikan solusi bagi perusahaan yang menjadikan absen karyawan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan absensi konvensional.

Absensi online yang juga sering disebut sebagai absensi digital, terutama di era new normal seperti saat ini tentunya sangat memudahkan perusahaan dan karyawan dengan adanya himbauan work from home dari pemerintah atau kebijakan perusahaan yang tetap mengharuskan WFH.

Tidak ada hal yang sulit dalam penggunaan aplikasi absensi online, seperti pada aplikasi Mekari Talenta, karyawan hanya perlu login selanjutnya hanya mengklik clock-in maupun clock-out untuk absen masuk dan absen pulang. 

Fitur unggulan lainnya yaitu rekam absensi dengan teknologi face recognition yang dilakukan via mobile dengan menggunakan radius lokasi yang memudahkan validasi absensi. 

Mekari Talenta adalah salah satu merk HRIS (Human Resources Information System), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan untuk mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Mekari Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang sering disebut sebagai mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Mekari Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. 

Fitur-fitur yang disediakan Mekari Talenta juga sangat lengkap sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lainnya. Dengan demikian, perhitungan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Kelebihan Aplikasi Absensi Online dari Mekari Talenta

1. Fitur yang Lengkap

Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya:

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

●  Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan di mana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Mekari Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang Efektif dan Responsif

Tidak usah repot dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, Customer Service dari Mekari Talenta akan selalu sigap membantu Anda dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home maupun Hybrid, menggunakan Mekari Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. 

Dengan demikian, karyawan dapat dengan mudah melakukan segala kepentingan yang berhubungan dengan absensi dari mana saja tanpa harus datang ke kantor. 

Dengan Mekari Talenta, semuanya dapat dilakukan dengan lebih teratur dan lebih cepat dari sebelumnya yang hanya dilakukan manual. Mekari Talenta dapat diakses dengan mudah di https://mekari.com. Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Mekari Talenta sekarang juga!

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Internet
3 tahun lalu

Cara Membuat Absensi Online, Gak Perlu Capek Lagi!

Internet
3 tahun lalu

Benarkah Aplikasi Absensi Memaksimalkan Efisiensi Perusahaan?

Internet
3 tahun lalu

Absen Online: Pengertian, Tujuan Penerapan, dan Alasan Perusahaan Lebih Suka

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal