15 Negara Termiskin di Dunia 2022: Mayoritas di Benua Afrika, 1 Asia

Suparjo Ramalan · Rabu, 29 Juni 2022 - 12:42:00 WIB
15 Negara Termiskin di Dunia 2022: Mayoritas di Benua Afrika, 1 Asia
15 negara termiskin di dunia 2022: mayoritas di benua Afrika, 1 Asia. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara termiskin di dunia diklasifikasikan sebagai ekonomi berpenghasilan rendah dalam sistem peringkat Bank Dunia. Mayoritas negara termiskin tersebut mayoritas berada di benua Afrika

Adapun pemeringkatan didasarkan pada pendapatan nasional bruto (GNI) per kapita setiap negara, yang merupakan ukuran pendapatan total negara dibagi dengan populasinya. GNI sangat mirip dengan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. 

Kedua metrik mengukur nilai mata uang dari semua barang dan jasa yang diproduksi di negara tertentu, tetapi GNI juga mencakup pendapatan yang didapat melalu sumber ineternasional, seperti investasi asing. Karena itu, GNI dianggap sebagai ukuran kesehatan ekonomi suatu negara yang sedikit lebih akurat. 

Berikut ini 15 negara termiskin di dunia berdasarkan GNI per kapita, dikutip dari World Population Review:

1. Burundi 

Negara di Afrika Timur ini berada di peringkat pertama negara termiskin di dunia. Adapun GNI Burundi sebesar 270 dolar AS per kapita. 

2. Somalia

Tingkat GNI negara yang berada di bagian Sub Sahara Afrika ini sebesar 310 dolar AS per kapita. 

3. Mozambik

Tingkat GNI negara yang terletak di Afrika bagian selatan ini sebesar 460 dolar AS per kapita. 

4. Madagaskar 

Madagasrka adalah negara pulau di Samudera Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Tingkat GNI negara ini sebesar 480 dolar AS per kapita. 

5. Sierra Leone

Sierra Leone adalah sebuah negara di Afrika Barat, tepatnya di pesisisr Samudera Atlantik. Tingkat GNI negara ini sebesar 490 dolar AS per kapita. 

6. Afghanistan 

Afghanistan terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Negara yang berbatasan dengan Pakistan di timur dan selatan, Iran di barat, Turkmenistan dan Uzbekistan di utara, serta Tajikistan dan China di timur laut ini tingkat GNI-nya sebesar 500 dolar AS per kapita. 

7. Eritrea 

Eritrea adalah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Tingkat GNI negara ini sebesar 510 dolar AS per kapita.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda