4 Cara Maksimalkan WhatsApp untuk Customer Service Online (Chatbot)

JAKARTA, iNews.id - Customer service merupakan salah satu faktor penting dalam operasional perusahaan, karena berhubungan secara langsung dengan pelanggan, dan menjadi salah satu faktor kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Di era digital, keberadaan customer service yang beroperasi 24 jam menjadi sangat krusial untuk melayani pelanggan dengan cepat dan tanpa batasan waktu. Itu sebabnya, sebagian besar konsumen menjangkau customer service melalui platform digital yang ada seperti direct message Instagram, kolom chat marketplace hingga WhatsApp.
Meski demikian, tak jarang pesan masuk dari pelanggan jadi menumpuk karena keterbatasan atau kurangnya sumber daya customer service perusahaan. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, kini sebagian besar perusahaan dan juga bisnis telah beralih pada customer service online atau yang lebih dikenal sebagai chatbot.
Secara garis besar, peran customer service online atau chatbot tidak jauh berbeda dengan customer service konvensional, namun customer service online dapat melayani pelanggan 7 hari dalam seminggu tanpa libur.
Kehadiran customer service online seperti chatbot sangat membantu dan meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan hingga 50 persen. Selain tidak memiliki jeda waktu dalam membalas pesan customer, chatbot juga menawarkan banyak keunggulan, seperti: