75 Persen Penduduk di Negara Ini Punya Mobil Tesla, Kok Bisa?

Jeanny Aipassa ยท Rabu, 30 November 2022 - 07:00:00 WIB
75 Persen Penduduk di Negara Ini Punya Mobil Tesla, Kok Bisa?
Mobil Tesla. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ada sebuah negara yang hampir seluruh penduduknya memiliki Tesla, mobil listrik masa depan yang diproduksi perusahaan milik miliarder nomor satu dunia, Elon Musk.

Negara tersebut adalah Norwegia. Salah satu negara di Benua Eropa ini memutuskan untuk meninggalkan mobil berbahan bakar minyak (BBM) dan beralih ke mobil listrik. 

Pemerintah Norwegia mendorong penduduknya untuk beralih ke energi hijau, salah satunya dengan menggunakan mobil listrik, untuk kelestarian lingkungan dan kehidupan yang lebih baik di masa depan. 

Awalnya, kebijakan ini tidak direspon masyarakat yang keberatan membeli mobil listrik, terutama mobil Tesla karena harganya mahal. Harga mobil Tesla berkisar antara Rp2 miliar sampai Rp4 miliar untuk model Y dan X (sedan). 

Namun kebijakan pemerintah Norwegia yang memberikan sejumlah insentif membuat penduduk negara itu berbondong-bondong membeli mobil listrik yang sebagian besar adalah mobil Tesla. 

Lalu apa kebijakan Pemerintah Norwegia yang mendorong penduduknya beralih ke mobil listrik secara masif?

Seperti dikutip dari unggahan Instagram @nasdaily, seorang Youtuber dan Blogger terkenal dengan konten "That's 1 Minute", Pemeritah Norwegia membuat kebijakan yang mencengangkan bahkan disebut gila, yaitu: 

- membebaskan pajak untuk mobil listrik 
- memberikan parkir gratis untuk mobil listrik
- diskon tol untuk mobil listrik
- diskon pajak penghasilan bagi setiap pemilik mobil listrik

Kebijakan tersebut membuat banyak penduduk Norwegia meninggalkan mobil yang menggunakan BBM dan beralih ke mobil listrik. 

Saat ini, sekitar 75 persen penduduk Norwegia memiliki mobil listrik, sebagian besar adalah Tesla karena dinilai cocok dengan segala cuaca di negara itu. Bahkan negara itu tercatat sebagai The Country of Tesla karena mayoritas penduduknya memiliki Tesla. 

Dalam unggahan tersebut, YouTuber yang memiliki nama asli Nuseir Yassin ini, mengatakan perubahan yang terjadi di Norwegia menunjukkan kekuatan pemerintah dalam membawa perubahan melalui kebijakan, termasuk untuk transformasi energi. 
 
Seperti diketahui, pemerintah Indonesia juga sedang mendorong masyarakat beralih menggunakan mobil listrik atau yang menggunakan energi baru terbarukan (EBT). Siapa tahu kebijakan pemerintah Norwegia ini dapat ditiru Pemerintah Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang rela beralih ke mobil listrik. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda