Ada Wabah PMK, Pemotongan Hewan Kurban Kemungkinan Hanya Dilakukan di RPH

Iqbal Dwi Purnama ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 19:16:00 WIB
Ada Wabah PMK, Pemotongan Hewan Kurban Kemungkinan Hanya Dilakukan di RPH
Kementan menyebut adanya kemungkinan untuk melakukan prosesi pemotongan hewan kurban hanya di RPH di tengah wabah PMK. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) berpacu dengan Iduladha 2022. Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut adanya kemungkinan untuk melakukan prosesi pemotongan hewan kurban hanya dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) untuk menekan penyebaran virus tersebut.

Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, Ira Firgorita mengatakan, hal tersebut seperti diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian Nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022 tentang pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah PMK.

"Dengan adanya wabah PMK tentu diperlukan mitigasi dalam pengaturan yang lebih lanjut," ujar Ira dalam webinar bersama Kadin, Selasa (24/5/2022).

Ira menambahkan, pihaknya telah mengatur tentang pengaturan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ditengah wabah PMK. SE Mentan tersebut bakal menjadi pedoman pemotongan hewan.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: