Brand GoTo Sudah Jadi Simbol Dua Raksasa Bisnis, Pakar: Konsekuensinya Besar Kalau Direvisi
Yuswohady menjelaskan, kasus-kasus sengketa merek dagang sangat sering terjadi dan risikonya sudah pasti diketahui. Dampak brand sangat besar karena akan menghubungkan perusahaan dengan emosi publik khususnya segmen konsumennya.
"Walaupun belum lama tapi ini sudah jadi simbol dua kekuatan raksasa. Maka akan blunder sekali kalau kalah di pengadilan. Bisa merusak reputasi walaupun diganti," kata Yuswohady.
Sebelumnya pakar brand Subiakto Priosoedarsono menjelaskan untuk cara membangun brand terdiri atas tiga tahap. Pertama melakukan promosi. Kedua memastikan pembeli tahu saat membeli akan dapat apa saja dan ketiga, branding-nya agar pembeli itu jadi siapa ketika membeli suatu produk.
”Brand itu bukan sekadar produk tetapi lebih dari sekadar produk. Sebab brand itu menciptakan keberlanjutan atau jangka panjang. Serta brand adalah jaminan pendapatan di masa depan atau future income," ujar Subiakto beberapa waktu lalu.
Editor: Jeanny Aipassa