Dulu Miskin, Perempuan Ini Kini Pengusaha Properti Berharta Puluhan Triliun Rupiah

Aditya Pratama ยท Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:07:00 WIB
Dulu Miskin, Perempuan Ini Kini Pengusaha Properti Berharta Puluhan Triliun Rupiah
Dulu miskin, perempuan ini kini jadi pengusaha properti berharta puluhan triliun rupiah. Foto: Forbes

BEIJING, iNews.id - Zhang Xin dikenal sebagai perempuan yang membangun Beijing. Dia adalah pendiri salah satu perusahaan pengembang properti terbesar di China, Soho China

Berdasarkan data Forbes, Zhang bersama suaminya memiliki kekayaan bersih sebesar 3,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp45 triliun. Namun siapa sangka miliarder ini berasal dari keluarga miskin.

Zhang lahir di Beijing tepat sebelum Revolusi Kebudayaan Mao Zedong, di mana orang terpelajar seperti orang tuanya dikirim ke ladang untuk pendidikan atau pengajaran kembali (re-education). Dia kembali ke Beijing bersama ibunya tetapi mengalami kemiskinan dan kesulitan. 

"Saya lahir dan besar ketika kota sangat sepi, tidak ada mobil, tidak ada lampu, tidak ada mesin. Orang-orang hanya menggunakan sepeda," katanya, dikutip dari CNN Business, Minggu (17/10/2021). 

Pada usia 14 tahun, dia dan ibunya pindah ke Hong Kong. Dia bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik pembuat mainan, pakaian, dan elektronik dengan gaji rendah. Dia menabung gajinya untuk bisa pergi ke Inggris demi melanjutkan pendidikan. 

"Sebagai imigran baru ke Hong Kong tanpa pendidikan, tanpa latar belakang, bahkan tidak bisa berbicara bahasa atau dialek Kanton. Itu adalah cara yang sulit untuk hidup di Hong Kong," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: