G7 Sepakat Tetapkan Batasan Harga Ekspor Minyak Rusia

Aditya Pratama ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 06:26:00 WIB
G7 Sepakat Tetapkan Batasan Harga Ekspor Minyak Rusia
Negara G7 sepakat untuk menetapkan pembatasan harga ekspor minyak Rusia. Hal ini dilakukan untuk menguras semangat perang dan keuntungan yang diterima Moskow. (Foto: Reuters)

G7 melihat penetapan batas harga sebagai cara untuk mencegah Moskow mengambil keuntungan dari invasinya ke Ukraina yang telah menaikkan harga energi secara tajam. Menurut Badan Energi Internasional, pendapatan ekspor minyak Rusia naik pada Mei 2022, bahkan ketika volume turun. 

G7 juga menjajaki kemungkinan pembatasan harga gas, sebuah langkah yang didorong terutama oleh Italia. Sementara itu, Prancis telah menyerukan pembatasan harga pada semua penjualan energi.

Para ahli memperingatkan rencana itu bisa menjadi bumerang. Tamas Varga, pialang minyak PVM mengatakan, Putin dapat memutuskan untuk mengurangi ekspor energi sebagai pembalasan dan hal tersebut akan membuat harga naik. Beberapa negara seperti China juga dapat menemukan solusi.

Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa raksasa gas Rusia Gazprom dapat meminta perubahan pada kontrak pengirimannya jika Barat menerapkan batasan harga.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda