Kisah Ming Chee Chuang Pendiri SilverQueen, Cokelat Asli Garut yang Mendunia

Ikhsan Permana SP ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:28:00 WIB
Kisah Ming Chee Chuang Pendiri SilverQueen, Cokelat Asli Garut yang Mendunia
Kisah Ming Chee Chuang pendiri SilverQueen, cokelat asli Garut yang mendunia. Foto: IG SilverQueen

JAKARTA, iNews.id - Ming Chee Chuang adalah sosok di balik kesuksesan produk cokelat dengan merek SilverQueen. Ming merupakan pendiri cokelat yang telah mendunia tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, Ming adalah pria keturunan Tionghoa berkebangsaan Myanmar. Dia  datang ke Indonesia dan tinggal di Garut, Jawa Barat pada akhir 1940-an.

Dia memulai usaha cokelatnya, dengan membeli perkebunan kakao berukuran kecil milik orang Belanda, NV Ceres. Perkebunan tersebut dijual dengan harga murah oleh pemiliknya saat Jepang mulai menjajah Indonesia. Setelah membeli perkebunan itu, Ming tetap mempertahankan nama NV Ceres.

Pada 1950-an, dia mencoba peruntungan dengan membuat cokelat berbentuk batangan. Kemudian, dia mengganti nama perusahaannya menjadi PT Perusahaan Industri Ceres. 

Memproduksi cokelat batangan bukan hal yang mudah. Dia harus menemukan solusi agar coklat tidak cepat meleleh lantaran pengaruh suhu yang tinggi dan iklim tropis di Indonesia.

Pembuatan cokelat batangan di negara tropis memang dinilai sulit karena pada saat itu belum ada teknologi yang mendukung agar bisa menjaga kepadatan cokelat. Namun, Ming akhirnya bisa menemukan solusinya, yaitu dengan mencampurkan cokelat batangan dengan kacang mede dan menamainya dengan SilverQueen.

Namun dia kembali dihadapkan dengan tantangan baru. Pada saat itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai program Banteng. Program ini merupakan program dengan tujuan membina pengusaha pribumi.

Melalui program ini, pengusaha pribumi memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dari pengusaha asing. Pemilik perusahaan di Indonesia, 70 persen sahamnya harus dimiliki oleh pribumi atau masyarakat asli Indonesia.

Sebagai pengusaha nonpribumi, Ming tetap gigih mengembangkan perusahaannya. Hasilnya, pada pertengahan 1950-an, dia berhasil melakukan ekspansi ke Bandung.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda