Kisah Sukses Michella Bangun Bisnis Kecantikan Skin Game di Usia 21 Tahun

Aditya Pratama ยท Sabtu, 26 September 2020 - 00:01 WIB
Kisah Sukses Michella Bangun Bisnis Kecantikan Skin Game di Usia 21 Tahun

Founder Skin Game, Michella sukses mendirikan bisnis kecantikan di usia 21 tahun dengan modal awal hanya Rp5 juta. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Membangun bisnis tidak harus menunggu sampai usia dewasa. Ini dibuktikan pendiri Skin Game, Michella yang mendirikan bisnis kecantikan di usia 21 tahun.

Di usia yang terhitung sangat muda, Michella mengakui awalnya sempat menemui kesulitan dalam membangun bisnis skincare. Salah satunya belum memiliki banyak koneksi untuk membangun bisnis.

"Lucunya waktu itu karena sudah keukeuh di bidang beauty bisnisnya, aku mulai googling dulu research pembuatan skincare seperti apa. Kemudian aku kontak beberapa pabrik besar yang ada di Indonesia yang menerima maklon," ujar Michella dalam acara talk show daring Instagram Live MNC Finance, Jumat (25/9/2020).

Michella menuturkan, saat itu dirinya yang langsung menghubungi sales pabrik sebagai langkah awal mencari koneksi membuat produk skincare yang diinginkannya.

"Kalau ketemu salesnya aku konsul mau bikin skincare, kemudian ada yang memberi masukan. Pokoknya banyak-banyakin koneksi, jangan malu memulai komunikasi lebih dulu," katanya.

Untuk modal awal, saat mendirikan Skin Game dia hanya mengantongi modal Rp5 juta. Modal yang sangat terbatas membuatnya harus berpikir matang mengelola uang tersebut dengan tepat.

"Dari situ aku lebih ketat menggunakan uang yang seadanya. Sebagian aku sisihkan untuk produksi, sebagian kecil lagi untuk promosi. Jangan terpuruk sama keadaan, tapi kita harus cari peluang-peluang di tengah kesulitan kita," katanya.

Dalam promosi produk Skin Game, Michella tidak menggunakan jasa endorsement influencer karena biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp3-10 juta yang notabene jauh dari modal awal yang dimiliki.

"Saat itu aku mendekati beberapa skincare reviewer, orang orang yang antusias sama skincare, aku mulai masuk ke komunitas skincare. Jadi, enggak butuh influencer yang followersnya ribuan atau ratusan ribu. Itu promosinya saat itu budgetnya ga ada untuk endorse, IG ads saat itu belum ada budgetnya," ujar Michella.

Editor : Dani Dahwilani