KNKT Kantongi Data Rekaman Percakapan Sriwijaya Air SJ-182

Giri Hartomo ยท Selasa, 13 April 2021 - 13:40:00 WIB
KNKT Kantongi Data Rekaman Percakapan Sriwijaya Air SJ-182
Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komite Nasional Keselamatan Konstruksi (KNKT) kini telah mengantongi data rekaman percakapan cockpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182, yang jatuh pada 9 Januari 2021. CVR tersebut diperoleh setelah KNKT mengunduh data kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182. 

"Dari hasil download tersebut, KNKT kini mengantongi data rekaman percakapan penerbangan selama 2 jam termasuk percakapan penerbangan saat pesawat mengalami kecelakaan," kata Investigator KNKT, Ony Soerjo Wibowo, kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (13/4/2021).

Menurut dia, KNKT berhasil mengunduh seluruh 4 channel dari CVR, namun untuk di channel 4 pada CVR mengalami gangguan. Meski demikian, rekaman percakapan yang diperoleh telah menambah data penting bagi investigasi yang hasilnya nanti akan disampaikan dalam laporan akhir (final report).

“Sudah di-download, cuma saya belum mendengarkan semuanya. Saya mendengarkan sedikit karena saya cuma mau memastikan datanya ada atau tidak, detailnya saya belum tahu,” ujar Ony.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: