Melalui Teknologi Weigh in Motion, Kemenhub Optimistis Indonesia Bebas Truk ODOL Tahun Depan

Athika Rahma ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 22:13:00 WIB
Melalui Teknologi Weigh in Motion, Kemenhub Optimistis Indonesia Bebas Truk ODOL Tahun Depan
Kemenhub menerapkan teknologi Weigh in Motion (WIM) untuk mempercepat deteksi muatan truk yang melintas di jalan raya, diharapkan Indonesia bebas truk ODOL 2023. (foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan teknologi Weigh in Motion (WIM) untuk mempercepat deteksi muatan truk yang melintas di jalan raya. Teknologi ini diharapkan segera menuntaskan permasalahan truk Over Dimension Over Load (ODOL) yang merugikan negara hingga puluhan triliun rupiah. 

"Saya bisa katakan, kita tentu optimistis WIM ini akan mendukung target bebas ODOL di tahun 2023," ujar Kasubbag Humas Ditjen Perhubungan Darat Pitra Setiawan saat ditemui di UPPKB Kulwaru, Kulon Progo, Rabu (26/1/2022). 

Adapun optimistis ini didasari pada manfaat WIM. Pertama, pemasangan yang mudah dilakukan. Untuk WIM jenis strip sensors, pemasangannya hanya butuh waktu 1-2 hari. 

Lalu, deteksi muatan truk bisa dilakukan hanya dalam beberapa detik, sehingga seluruh truk yang melewati jalan yang dipasang WIM bisa diketahui muatan awalnya. "Jadi ketika lewat itu akan diketahui dan informasinya muncul di control room," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: