Orang Kaya Termuda di RI Ini Sukses Bisnis Sawit, Hartanya Puluhan Triliun

Komarudin Bagja ยท Selasa, 22 Maret 2022 - 21:00:00 WIB
Orang Kaya Termuda di RI Ini Sukses Bisnis Sawit, Hartanya Puluhan Triliun
Ciliandra Fangiono, orang kaya termuda di RI ini sukses bisnis sawit, hartanya puluhan triliun. Foto: First Resources

JAKARTA, iNews.id - Orang kaya termuda di Indonesia ini bernama Ciliandra Fangiono. Pria berumur 45 tahun ini berada di urutan 24 dari 50 daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun lalu.  

Berdasarkan data Forbes, Ciliandra memiliki harta senilai 1,85 miliar dolar AS atau sekitar Rp26,7 triliun. Kekayaannya berasal dari bisnis sawit yang ditekuninya. 

Dia menjabat sebagai CEO First Resource,  perusahaan yang bergerak di bidang minyak sawit mentah (CPO) hingga produk olahan sawit. First Resources memiliki perkebunan sawit lebih dari 200.000 hektare (ha) di Kalimantan Barat, Riau dan Kalimantan Timur. 

Perusahaan yang dinahkodai Ciliandra itu berdiri sejak 1992 hingga akhirnya terdaftar di bursa  Singapura pada 2007. Pendirinya adalah sang ayah, Martias Fangiono. 

Sementara pada April 2007, orang kaya termuda ini didapuk sebagai dewan direksi perusahaan. Sebelum bergabung di perusahaan keluarga itu, peraih PriceWaterhouse Book Prize ini bekerja di Merril Lynch Singapura di divisi perbankan investasi. 

Begitu pria pemilik gelar Sarjana dan Master of Arts (Economics) dari Universitas Cambridge, Inggris bergabung di First Resources, perusahaan tersebut maju pesat. Setahun bergabung atau pada 2008, First Resource tercatat sebagai anggota dari Roundtable and Sustainable Palm Oil (RSPO). 

Berkat kerja kerasnya, pada 2010, luas areal perkebunan inti First Resource  mencapai 107.664 ha. Ini menempatkan perusahaan tersebut di urutan ke-9 dunia berdasarkan luas areal yang diusahakan.

Mengutip situs resminya, First Resource memiliki usaha di bidang budidaya kelapa sawit, pemanenan tandan buah segar (TBS) dan pengolahan menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK). 

Selain perkebunan dan pabrik kelapa sawit, grup melalui pabrik penyulingan, fraksinasi, biodiesel dan kernel crushing, memproses produksi CPO dan PK menjadi produk berbasis kelapa sawit yang bernilai lebih tinggi seperti biodiesel, olein yang dimurnikan, diputihkan dan dihilangkan baunya, dan dihilangkan baunya. RBD stearin, minyak inti sawit dan expeller inti sawit.

Hal ini memungkinkan grup mengekstrak nilai maksimum dari aset perkebunan hulu. Produk dari First Resource dijual ke pasar lokal dan internasional.

Itulah profil orang kaya termuda di Indonesia bernama Ciliandra Fangiono. Semoga dapat menginspirasi para pengusaha muda untuk dapat memajukan bisnisnya baik di dalam maupun luar negeri. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda