Sah, Gojek-Tokopedia Resmi Bergabung Jadi GoTo

Aditya Pratama · Senin, 17 Mei 2021 - 13:30:00 WIB
Sah, Gojek-Tokopedia Resmi Bergabung Jadi GoTo
Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan membentuk GoTo dengan komposisi saham 60:40. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan membentuk GoTo. Merger ini menjadikannya sebagai perusahaan teknologi terbesar di Indonesia.

Dengan merger tersebut, maka nilai transaksi kotor (gross transaction value/GTV) grup mencapai lebih dari 22 miliar dolar AS atau Rp320 triliun. Grup tersebut juga memiliki ekosistem yang menaungi dua juta mitra driver, 11 juta mitra usaha (merchant), dan 100 juta pengguna aktif bulanan.

CEO GoTo, Andre Soelistyo mengatakan, perseroan tak hanya akan mengembangkan bisnis di Indonesia, melainkan juga di luar Indonesia dimana Gojek beroperasi.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Andre yang berasal dari Gojek ditunjuk sebagai CEO Grup Goto sementara Patrick Cao dari Tokopedia menjadi Presiden. Dalam skema merger tersebut, Gojek mendapatkan 60 persen saham GoTo dan sisanya 40 persen dikuasai oleh Tokopedia.

Patrick mengatakan, merger antara Gojek dan Tokopedia akan membuat model bisnis perseroan semakin beragam, stabil, dan berkelanjutan. GoTo menggabungkan platform Gojek yang memiliki volume dan transaksi tinggi dengan platform Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, namun nilai transaksinya tinggi.

"Ke depannya, Grup GoTo akan berkontribusi lebih dari 2 persenkepada total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah