Segini Harta Pewaris Samsung yang Dibebaskan dari Penjara untuk Pulihkan Ekonomi 

Anggie Ariesta · Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:04:00 WIB
Segini Harta Pewaris Samsung yang Dibebaskan dari Penjara untuk Pulihkan Ekonomi 
Segini harta pewaris Samsung Jay Y. Lee atau Lee Jae-yong yang dibebaskan dari penjara untuk pulihkan ekonomi. Foto: Reuters

SEOUL, iNews.id - Pewaris Samsung Lee Jae-yong yang dihukum karena melakukan penyuapan dan penggelapan pada 2017 lalu mendapatkan pengampunan presiden secara khusus. Salah satu penjahat kerah putih paling kuat di Korea Selatan (Korsel) itu sudah dua kali dipenjara karena menyuap mantan presiden. 

Mengutip BBC, pemerintah Korsel membenarkan hal tersebut, dengan mengatakan pemimpin de facto dari perusahaan terbesar di sana dibutuhkan kembali untuk memimpin pemulihan ekonomi pascapandemi. 

Adapun kejahatan Lee secara langsung terkait dengan skandal korupsi yang menyebabkan presiden periode 2013-2017 Park Geun-Hye dipenjara. Taipan yang dijuluki Putra Mahkota Samsung itu memberi suap 8 juta dolar AS kepada Presiden Park dan rekannya untuk mengamankan dukungan terhadap merger yang ditentang oleh pemegang saham, yang akan menopang kendalinya atas kerajaan keluarganya.

Ketika terungkap, jutaan warga Korsel melakukan protes. Mereka menuntut diakhirinya pemerintahan Park dan penggabungan antara politik dan bisnis. 

Parlemen Korea memakzulkan Park dan dia dipenjara pada 2017 selama 25 tahun. Sementara Lee, yang juga dikenal sebagai Jay Y Lee di Barat, dipenjara setahun kemudian karena pelanggaran termasuk menggelapkan dana perusahaan untuk membeli kuda senilai 800.000 dolar AS yang diberikan kepada putri teman presiden.

Kasus Lee menegaskan kembali konsepsi populer bahwa para pemimpin bisnis tidak tersentuh dan di atas hukum. Di Korea, konglomerat raksasa mendominasi ekonomi, dengan 10 besar menyumbang sekitar 80 persen dari PDB. 

Dikenal sebagai chaebol, mereka adalah para pendiri atau pemilik perusahaan konglomerasi yang dikendalikan keluarga yang menyediakan berbagai layanan. LG, Hyundai, Lotte, dan SK di antaranya. Tapi Samsung adalah yang terbesar dan paling kuat dari semuanya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda