Sempat Putus Sekolah, Pria Ini Jadi Orang Terkaya China dari Jualan Air Minum Kemasan

Advenia Elisabeth · Selasa, 13 September 2022 - 08:19:00 WIB
Sempat Putus Sekolah, Pria Ini Jadi Orang Terkaya China dari Jualan Air Minum Kemasan
Sempat putus sekolah, Zhong Shanshan jadi orang terkaya China dari jualan air minum kemasan. (Foto: Okezone)

Selain menjadi perusahaan saham gabungan pada 2001, Nongfu Spring memperluas portofolionya dengan menjual teh dan jus dalam kemasan dengan merek Farmer's Orchard, Scream, dan Oriental Leaf. Sejak itu, perusahaan Zhong tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun ke depan.

Nongfu pada akhirnya menjadi produsen air minum dalam kemasan terbesar di China. Kerennya lagi, Nongfu termasuk salah satu pembuat teh dan jus botol terkemuka di negara itu.

Namun, kejayaan bisnis air minum kemasannya sempat mengalami masalah. Bisnis Mata Air Nongfu yang sudah dipertahankan sempat terhenti akibat tuduhan media terkemuka Beijing Times. Nongfu Spring disebut tak mematuhi standar air nasional. 

Namun kegigihan Zhong membuktikan kabar tersebut salah membuahkan hasil. Otoritas kesehatan Zhejiang yang melakukan pemeriksaan acak pada empat batch air minum kemasan Nongfu, membuktikan bisnisnya sudah sesuai dengan standar provinsi dan nasional. Perusahaan pun mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap Beijing Times dan menuntut ganti rugi sebesar 60 juta yuan.

Setelah itu, dalam upaya untuk memperluas ke pasar global, Zhong mendirikan Yang Sheng Tang Group pada 2016. Perusahaan itu mencakup Nongfu Spring dan perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, dan Hainan Yangshengtang Pharmaceuticals.  

Zhong kemudian mengakuisisi saham utama di Farmasi Biologi Beijing Wantai pada 2001, yang merupakan salah satu dari sedikit perusahaan farmasi dan biotek China yang turut mengembangkan vaksin Covid-19. Perusahaan ini go public di Bursa Shanghai pada April 2020. Dia juga mencatatkan saham Nongfu Spring di Hong Kong pada September tahun yang sama.

Dengan bisnisnya yang terus berkembang, berdasarkan data terbaru Forbes, Zhong saat ini merupakan orang terkaya di China dan ke-17 di dunia. Kekayaan bersihnya tercatat sebesar 67,5 miliar dolar AS atau setara Rp1.003 triliun. 

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda