Ubah Peternakan Jadi Pabrik Sepatu, Anak Petani Ini Sekarang Berharta Rp185 Triliun

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 12 September 2021 - 19:55:00 WIB
Ubah Peternakan Jadi Pabrik Sepatu, Anak Petani Ini Sekarang Berharta Rp185 Triliun
Ubah peternakan jadi pabrik Sepatu, Anak Petani Ini Sekarang Berharta Rp185 Triliun

TAIPEI, iNews.id - Zhang Congyuan merupakan orang terkaya di Taiwan. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan pendiri Huali Industrial Group ini mencapai 13 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp185 triliun.  

Ketika Zhang memulai bisnisnya lebih dari tiga dekade lalu, dia tidak mampu membeli pabrik, sehingga mengubah peternakan babi di sebelah sawah di Taiwan barat menjadi sebuah pabrik sepatu.  

Pada 2019, perusahaannya memproduksi lebih dari 180 juta pasang sepatu. Huali adalah pemasok sepatu merek global untuk Nike, Converse, dan Vans.

Saham Huali telah melonjak 162 persen sejak go public di Bursa Efek Shenzhen pada April 2021 lalu. Kenaikan saham tersebut mendorong Zhang yang memiliki 87 persen saham perusahaan bersama keluarganya masuk dalam daftar orang terkaya di negara itu. Dia sekarang lebih kaya dibanding Terry Gou dari Foxconn Technology Group.

Zhang mengatakan, dia dibesarkan di sebuah desa. Dia hanya mengelola perusahaan kecil. 

"Selama beberapa dekade terakhir, saya hanya menempatkan semua usaha saya ke sepatu," kata dia, dikutip dari Bloomberg, Minggu (12/9/2021). 

Dia mengakui dirinya adalah orang yang membosankan. Zhang hanya akan melakukan hal-hal yang dikuasainya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2