Pikirkan 3 Hal Ini Lebih Dulu Sebelum Pinjam Uang di Pinjol

Shelma Rachmahyanti ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:35:00 WIB
Pikirkan 3 Hal Ini Lebih Dulu Sebelum Pinjam Uang di Pinjol
Pikirkan 3 hal ini lebih dulu sebelum pinjam uang di pinjol. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, tawaran pinjaman online (pinjol) seringkali menggoda. Namun, masyarakat harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk meminjam uang di pinjol.

Pasalnya, jika tidak berhati-hati, Anda bisa saja terjebak pada pinjol ilegal. Karena itu, OJK mengingatkan untuk memikirkannya dengan matang sebelum memutuskan meminjam.  

Sobat OJK, tawaran pinjaman online seringkali menggoda. Nah sebelum kamu mengklik Yes, luangkan waktu sejenak pikirkan 3 hal ini dulu ya. Yuk kelola keuangan dengan bijak,” tulis OJK di akun Instagram resminya @ojkindonesia, dikutip Kamis (28/10/2021).

Nah, berikut ini tiga hal yang harus dipikirkan sebelum meminjam uang di pinjol:

1. Tujuan meminjam

Seberapa mendesak keperluan Anda untuk meminjam dan untuk kebutuhan apa? Hindari meminjam jika hanya untuk kebutuhan konsumtif.

2. Cek kesanggupan membayar

Cek kemampuan keuangan untuk membayar cicilan, bunga, dan denda jika terlambat membayar. Ingat pinjaman harus dilunasi. Hindari gali lubang tutup lubang.

3. Pemberi pinjaman terpercaya atau tidak?

Apa pemberi pinjaman online sudah terdaftar dan berizin OJK? Bagaimana reputasi layanannya? Cek rekam jejak digitalnya.

"Ingat selalu CekDulu legalitas pinjaman online telah terdaftar dan berizin OJK," tulis akun OJK.

Anda bisa melihat daftar pinjaman online yang resmi atau legal di bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157, Whatsapp 081 157 157 157, dan email konsumen@ojk.go.id. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: