Wajib Tahu! Ini 5 Tips Menentukan Gaji untuk Fresh Graduate

Ami Heppy S ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 22:15:00 WIB
Wajib Tahu! Ini 5 Tips Menentukan Gaji untuk Fresh Graduate
Tips Menentukan Gaji untuk Fresh Graduate (Foto: Mstandret)

JAKARTA, iNews.id - Tips menentukan gaji untuk fresh graduate ini penting sekali diketahui untuk para pencari kerja. Berbeda dengan yang sudah berpengalaman kerja, para fresh graduate seringkali bingung jika ditanya mengenai besaran gaji yang diminta saat wawancara dengan perusahaan.

Sebagian dari mereka mungkin akan takut jika meminta gaji yang terlalu tinggi, namun juga enggan jika gaji yang ditawarkan terlalu rendah.
Lantas, bagaimana cara menentukan gaji untuk fresh graduate? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Menentukan Gaji untuk Fresh Graduate

1. Lakukan Riset Gaji

Sebelum menentukan nominal gaji, penting juga untuk memahami bidang pekerjaan yang dilamar serta kisaran gaji ideal untuk pekerjaan tersebut. Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan pengalaman, keterampilan, serta kualifikasi pendidikan kamu.  Kamu bisa mencari info tentang gaji di internet. 

Karena saat ini juga banyak sekali website yang dapat dijadikan gambaran umum untuk melihat berapa kisaran gaji pegawai di suatu perusahaan dengan posisi tertentu.

2. Ketahui Upah Minimum

Upah minimum juga bisa menjadi patokan untuk menentukan gaji yang bisa kamu dapatkan. Dengan adanya peraturan tentang Upah Minimum Regional (UMR) yang ditetapkan pemerintah, kamu tidak perlu khawatir akan mendapatkan gaji di bawah upah minimum. 

Karena sudah ada peraturan tentang minimal gaji yang harus kamu dapatkan. Jadikan UMR sebagai minimal gaji yang kamu ajukan ke perusahaan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: