Bulan Bakti BUSKIPM 2019, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Konsumsi Ikan

Ranto Rajagukguk ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 18:04 WIB
Bulan Bakti BUSKIPM 2019, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Konsumsi Ikan

Rangkaian acara Bulan Bakti BUSKIPM 2019 yang berlangsung di Taman Bambu yaitu Pasar Rakyat dan Tebar benih Ikan nilem sebanyak (100.000) ekor di Waduk Setu dan Waduk Tiu wilayah kelurahan setu cipayung. (Foto: BUSKIPM KKP)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Woro Nur Endang Sariati meminta masyarakat meningkatkan konsumsi ikan supaya Indonesia semakin cerdas.

Hal itu disampaikan Woro saat rangkaian acara Bulan Bakti BUSKIPM 2019 yang berlangsung di Taman Bambu yaitu Pasar Rakyat dan Tebar benih Ikan nilem sebanyak (100.000) ekor di Waduk Setu dan Waduk Tiu wilayah kelurahan setu cipayung.

Woro mengungkapkan, rangkaian kegiatan ini diawali penebaran benih ikan Nilem sebanyak 100.000 benih ikan dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar atau BBPBAT Sukabumi, Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan, Republik Indonesia

Woro juga menjelaskan, kegiatan restocking bertujuan meningkatkan stok dan populasi ikan di perairan umum khususnya waduk yang bertujuan menjaga diversitas ikan, meningkatkan taraf pendapatan masyarakat melalui penangkapan ikan dan mendukung penyediaan pangan sehat bagi masyarakat Cipayung.

Kegiatan dalam rangka BUSKIPM Peduli, di Taman Bambu Cipayung juga diselenggarakan 'Pasar Rakyat' di mana BUSKIPM menyalurkan ikan 800 kg bantuan dari Unit Pengolah Ikan PT. Kurnia Mitra Makmur Purwakarta dan PT Inti Makmur untuk dibagikan secara gratis dan tebus murah.

Pada kesempatan yang sama digelar coaching clinic oleh Tim BUSKIPM yang mengajarkan cara membedakan ikan segar dan tidak segar dan mengenalkan ikan mana yang layak untuk dikonsumsi, serta cara mengetahui ikan sehat dan bermutu.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menjaga kesehatan ikan dan keamanan hasil perikanan serta meminta masyarakat berperan aktif menjaga dan memanfaatkan kelestarian sumber daya ikan yang lestari dan berkelanjutan sesuai dengan misi Bulan Bakti karantina dan mutu hasil perikanan Tahun 2019

Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian Bulan Bakti BUSKIPM 2019 yang merupakan program tahunan BKIPM dengan mengusung 'GEMASATUKATA' atau Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina bagi masyarakat.

Editor : Ranto Rajagukguk