Diperintah Jokowi, Mentan Cari Cara Wujudkan Swasembada Daging Sapi

Antara ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 21:53 WIB
Diperintah Jokowi, Mentan Cari Cara Wujudkan Swasembada Daging Sapi

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diperintahkan Presiden Jokowi untuk mewujudkan swasembada daging sapi. Dia mengaku tengah mencari solusinya.

Menurut Mentan, swasembada daging sapi tak mungkin terjadi secara alamiah, melainkan membutuhkan intervensi dari pemerintah.

"Saya mendapat petunjuk dan perintah Bapak Presiden dihitung itu kita carikan jalannya," katanya di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu mengatakan, kebutuhan daging sapi nasional saat ini sekitar 700.000 ton per tahun. Dari jumlah tersebut, produsen lokal hanya mampu memenuhi 400.000 ton.

Demi memenuhi sisa kebutuhan sekitar 300.000 ton daging sapi itu, Indonesia mengimpor dari negara-negara lain. Impor sebanyak itu setara 1,3-1,7 juta ekor sapi.

Mentan menyebut, impor daging sapi berpotensi terus membesar seiring populasi yang akan terus bertambah.

"Ini tidak boleh dibiarkan karena sudah sekian tahun, bahkan sudah sepuluh tahun lebih kondisi itu kita alami. Kalau kita tidak intervensi maka tentu saja ini akan tidak siap," ucapnya.

Mentan menyebut, peningkatan produksi sapi tak semudah hewan-hewan lain seperti ayam. Pasalnya, sapi membutuhkan lahan yang sangat luas. Satu ekor sapi, kata dia, butuh sekitar 2 hektare lahan sehingga butuh 20.000 hektare lahan untuk 10.000 ekor sapi.

"Oleh karena itu ini perintah yang agak serius dari Bapak Presiden untuk dicarikan jalannya. Jangan set back, saya tidak mau melihat ke belakang harus ke depan," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah