Jaga Ketersediaan Beras, Mentan Serukan Jangan Ada Lahan Nganggur

Antara · Jumat, 26 Juni 2020 - 22:08:00 WIB
Jaga Ketersediaan Beras, Mentan Serukan Jangan Ada Lahan Nganggur
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerukan jangan sampai ada lahan menganggur di daerah guna menjamin ketersediaan beras nasional. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyerukan jangan sampai ada lahan menganggur di daerah. Dia meminta semua daerah menanami lahan telantar untuk meningkatkan produksi padi guna menjamin ketersediaan beras nasional.

"Kami dorong percepatan tanam di semua daerah. Kami minta daerah agar tidak membiarkan lahan menganggur, harus tertanami semua. Kami siap bantu, ini untuk memperkuat ketersediaan pangan khususnya beras," ujar Syahrul dalam acara Gerakan Percepatan Tanam Padi, Jumat (26/6/2020).

Mentan menyatakan pemerintah siap membantu menyediakan bantuan benih, pupuk, alat mesin pertanian, asuransi agar petani tidak rugi akibat gagal panen, dan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dia mengatakan, ketersediaan pangan menjadi kunci utama kestabilan ekonomi negara akibat Covid-19, sehingga di era New Normal ketersediaan pangan dipenuhi secara mandiri.

Syahrul menuturkan pihaknya memiliki terobosan untuk memasifkan budi daya padi di semua daerah agar tak membiarkan lahan pertanian tidak tertanam, yakni melalui Program Gerakan Percepatan Tanam.

"Kementan selalu berkomitmen penuh dalam meningkatkan produksi beras dan percepatan tanam melalui Gerakan Olah Tanah dan Tanam (GPOT). Program ini disertai dengan langkah konkret, yakni pemberitan bantuan benih, alat mesin pertanian, KUR, asuransi pertanian dan pendampingan yang masif," katanya.

Mentan menyebutkan, pada 2020 secara nasional pemerintah menargetkan luas tanam padi 11,66 juta Ha, dan berpotensi menghasilkan 33,6 juta ton beras. Sementara sasaran luas tanam padi pada musim kemarau hingga September 2020 sebesar 5,6 juta Ha.

Editor : Dani Dahwilani