3 Cara Jaga Kesehatan Mental di Rumah, Nomor 2 Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Siska Permata Sari ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 16:03 WIB
3 Cara Jaga Kesehatan Mental di Rumah, Nomor 2 Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Ilustrasi (Foto: Unplash)

JAKARTA, iNews.id - Adanya pandemi virus korona (Covid-19) selama beberapa bulan terakhir mengubah cara hidup banyak orang. Di Indonesia, salah satu kebijakan yang tengah diterapkan adalah Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB).

Kebijakan ini membuat sebagian besar orang harus melakukan segala sesuatu hal dari rumah. Mulai dari sekolah, bekerja, bahkan menghadiri pertemuan sosial dari rumah melalui teknologi yang mendukung seperti aplikasi Zoom.

Berada di rumah dalam waktu yang lama, tak jarang menimbulkan stres, yang jika didiamkan akan berakibat pada masalah-masalah kesehatan mental lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengelola stres dengan bijak.

Berikut tiga cara menjaga kesehatan mental di rumah, seperti dirangkum dari BBC UK, Selasa (19/5/2020).

Mindfulness

Mindfulness datang dalam berbagai bentuk seperti meditasi, penegasan diri, teknik pernapasan dan menulis dalam buku harian. Upaya-upaya tersebut dapat membentuk pola pikir yang lebih positif selama masa pandemi ini.

Salah satu caranya adalah dengan mempraktikkan rasa syukur, berfokus pada momen kecil yang menyenangkan setiap hari, serta hal-hal yang lebih besar seperti keluarga dan komunitas. Anda juga bisa menuangkan kecemasan dan perasaan Anda melalui media tulisan atau berekspresi lewat seni.

Mulai menerapkan gaya hidup sehat

Adanya pandemi ini bisa membuat Anda mengubah pola hidup lama untuk beralih ke gaya hidup yang lebih sehat. Mulai mencoba mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan seimbang seperti sayur-sayuran, buah, dan protein hewani, serta mulai rutin berolahraga.

Dua hal ini penting sebagai bagian dari pencegahan juga karena mengonsumsi sayur dan buah serta rutin berolahraga, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi jika itu dibarengi dengan pengelolaan stres yang baik serta tidur cukup.

Mencari distraksi yang tepat

Di tengah banyaknya kabar buruk selama masa pandemi ini, dapat membuat kesehatan mental terganggu yang berasal dari rasa cemas. Untuk mengurangi hal itu, Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang pernah menjadi hobi Anda atau bahkan mencari kegiatan baru.

Misalnya saja membaca, memasak, dan berkebun sebagai distraksi yang sangat membantu. Memasak dan berkebun juga bisa menjadi kegiatan yang produktif selama masa pandemi ini.

Selamat mencoba!

Editor : Dini Listiyani