4 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Siska Permata Sari ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:56 WIB
4 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto: AFP Relax News)

JAKARTA, iNews.id - Kunyit tidak hanya terkenal sebagai bahan masakan saja. Namun sejak dari dulu, kunyit juga dipercaya sebagai ramuan obat.

Kunyit mengandung bahan-bahan aktif seperti kurkumin, yang bersifat sebagai zat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur. Berbagai penelitian pun telah dilakukan dan hasilnya, kunyit mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan otak hingga jantung.

Berikut ragam manfaatnya seperti dilansir dari Healthline, Kamis (8/10/2020).

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Seperti kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kabar baiknya, kandungan kurkumin pada kunyit dapat menurunkan risiko tersebut. Sebab, manfaat utama kurkumin dalam hal penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah.

Diketahui bahwa disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotel Anda untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

2. Mengurangi risiko stroke

Baik untuk kesehatan jantung, kurkumin juga dapat menurunkan risiko stroke secara keseluruhan. Hal tersebut berdasarkan penelitian pada 2017 silam. Selain itu, kurkumin juga dapat membantu kesembuhan pasien yang telah mengalami stroke hemoragik dan mengurangi kerusakan otak jangka panjang. 

3. Mencegah alzheimer

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif paling umum di dunia dan penyebab utama demensia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang baik untuk Alzheimer. Kabar baiknya, kurkumin telah terbukti mengarah pada berbagai perbaikan dalam proses patologis penyakit Alzheimer.

Salah satu utama penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein yang disebut plak amiloid. Lantas, studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu membersihkan plak tersebut.

Menurut penelitian tahun 2014, kurkumin pada kunyit juga bisa meningkatkan produksi sel induk saraf pada tikus. Inilah yang dipercaya dapat membantu meregenerasi otak.

4. Panjang umur

Manfaat lainnya dari kunyit berasal dari kemampuannya meningkatkan kadar antioksidan pada tubuh. Hal ini karena kurkumin tersebut memiliki efek antioksidan yang kuat. Antioksidan inilah yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Radikal bebas dan kerusakan oksidatif ini merupakan faktor penuaan dan munculnya banyak penyakit degeneratif. Oleh sebab itulah, kurkumin menjadi sangat populer sebagai suplemen anti penuaan hingga dipercaya dapat membuat panjang umur.

Editor : Tuty Ocktaviany