5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Efektif, Salah Satunya Pola Tidur

Wilda Fajriah · Sabtu, 06 Maret 2021 - 20:30:00 WIB
5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Efektif, Salah Satunya Pola Tidur
Ada cara mudah untuk menurunkan berat badan Anda, salah satunya pola tidur. (Foto: verywellfit)

JAKARTA, iNews.id – Pengaturan pola makan yang ketat dan rutinitas kebugaran berintensitas tinggi adalah beberapa cara standar untuk mengurangi lemak membandel, ada beberapa perubahan gaya hidup yang juga dapat memfasilitasi ambisi penurunan berat badan Anda.

Menurunkan berat badan bisa menjadi tugas yang berat, kecuali Anda membuat sedikit perubahan pada rencana diet dan rutinitas Anda. Karenanya, melansir Times of India, berikut 5 hal kecil yang bisa Anda lakukan guna menurunkan berat badan secara efektif.

1. Minum banyak air

Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh kita. Ini tidak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga membantu membangun sistem kekebalan Anda. Selain itu, asupan air putih membantu tujuan penurunan berat badan Anda dengan membuat kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan membantu Anda menghindari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

2. Tidur nyenyak

Banyak penelitian telah mengklaim adanya hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan. Karena itu, penting bagi Anda untuk cukup tidur, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

3. Tambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda

Orang yang ingin menurunkan berat badan sering kali tidak menyukai gagasan tentang lemak. Namun, jika Anda menambahkan lemak tak jenuh yang kaya nutrisi ke dalam makanan Anda, hal itu dapat meningkatkan perasaan kenyang dalam diri Anda dan mencegah Anda makan lemak tidak sehat secara berlebihan di kemudian hari. Contoh lemak sehat salah satunya adalah buah alpukat, tentunya dikonsumsi tanpa gula. Alpukat bisa jadi topping roti gandum untuk sarapan Anda.

4. Kurangi jumlah minyak ketika memasak

Jika Anda benar-benar ingin mengurangi berat badan, Anda harus memasukkan sedikit minyak ke dalam masakan Anda. Meskipun beberapa minyak, seperti minyak alpukat atau bunga matahari, lebih sehat daripada yang lain dan minyak tertentu kaya akan lemak sehat, Anda harus tetap memeriksa kandungan minyak yang Anda gunakan dalam memasak.

5. Makan lebih banyak serat

Dengan meningkatkan kandungan serat dalam makanan, Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga mengurangi jumlah asupan kalori, karena serat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian,  dan polong-polongan adalah beberapa sumber serat yang bagus.

Editor : Dyah Ayu Pamela