Beragam Nyeri Otot yang Tidak Disadari

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 10:39:00 WIB
Beragam Nyeri Otot yang Tidak Disadari
Kegiatan berolahraga fisik. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Nyeri otot merupakan kondisi umum yang sering kali terjadi. Kondisi ini biasanya cenderung disebabkan karena banyaknya kegiatan fisik.

Hal ini yang menyebabkan otot menjadi tegang. Kondisi ini pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Umumnya nyeri otot terjadi pada area leher, pundak, punggung, kaki, paha dan juga pada area lengan. Rasa sakit yang dirasakan juga beragam mulai dari ringan, sedang bahkan hingga berat.

Namun, kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya. Berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya nyeri otot.

Olahraga yang Salah

Penyebab lain dari nyeri otot salah satunya akibat olahraga yang salah. Sebagai contoh, sebelum olahraga Anda lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Meski tampak hal yang sepele namun, pemanasan sangat penting agar meminimalisir risiko cedera otot.

Selain itu, saat berolahraga, penting untuk benar-benar melakukan setiap gerakannya dengan benar. Jika dilakukan dengan gerakan yang salah, tentu risiko mengalami cedera otot akan semakin besar.

Mengalami cedera

Cedera. (Foto: Ilustrasi/Freepik)
Cedera. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

Penyebab lain dari nyeri atau sakit otot lainnya adalah cedera, keseleo, atau bahkan memar yang menyebabkan rasa tak nyaman pada bagian tubuh tertentu.

Cedera otot ini bisa terjadi pada otot pada bagian tubuh mana saja, mulai dari otot punggung hingga otot paha. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari melakukan salah gerakan saat olahraga, kecelakaan, jatuh, atau karena terpelintir.

Kebiasaan yang salah

Zheng Gu Shui. (Foto: dok Saras Subur)
Zheng Gu Shui. (Foto: dok Saras Subur)

Kebiasaan berdiri, duduk, hingga berbaring dengan postur tubuh yang salah dapat mengakibatkan nyeri otot. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan otot menjadi tegang dan terasa sakit. Maka dari itu penting untuk menjaga posisi tubuh agar terhindar dari nyeri otot.

Salah satu cara mengatasi nyeri otot atau myalgia adalah mengonsumsi obat pereda nyeri atau dengan menggunakan obat gosok seperti, Zheng Gu Shui. Obat gosok yang satu ini memang sudah terkenal dapat mengatasi permasalahan seperti nyeri otot.

Kemasannya yang praktis mudah dibawa kemana-mana dan cocok untuk dijadikan obat P3K di rumah. Cara penggunaan Zheng Gu Shui juga sangat mudah, bisa disemprotkan dan di urut pada area yang mengalami nyeri otot.

Zheng Gu Shui juga sudah tersebar di seluruh toko obat tradisional Tiongkok atau apotek terdekat atau juga bisa diperoleh di online store. Obat Zheng Gu Shui didistribusikan oleh PT Saras Subur Abadi dan sudah mendapat izin edar dari BPOM dengan no POM TI 164 650 651, sehingga sudah aman untuk digunakan.

#ZhengGuShui #obatChina

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: