Cara Atasi Virus Korona, Biasakan Cuci Tangan dan Konsumsi Makanan Bergizi

Dandi Ramadhan, Fiki Juliadi ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 20:18 WIB
Cara Atasi Virus Korona, Biasakan Cuci Tangan dan Konsumsi Makanan Bergizi

Dr. Paskalis Gunawan, Sp. PD dari Rumah Sakit Mitra Keluarga. (Foto: iNews.id/Dandi Ramadhan)

JAKARTA, iNews.id –  Wabah virus korona semakin meluas ke beberapa negara dan memberikan dampak yang sangat besar. Untuk itu, kita selalu diingatkan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

MNC Life di acara tahunan kali ini juga concern dengan hal itu. Kali ini acaranya mengusung tema ‘Cara Mengatasi Virus Korona’ yang diadakan di MNC Tower, Jalan Kebon Sirih Kav. 17-19, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

"Kita rutin kadang dalam satu tahun itu sampai dua-tiga kali. Topiknya tergantung yang lagi hits itu apa," tutur Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin.

Selain itu, acara yang bertema hidup sehat ini juga diadakan di berbagai tempat berbeda, seperti MNC  Studios, Kebon Jeruk dan MNC Vision.

“Acara ini bertujuan untuk nasabah-nasabah MNC Life agar mengetahui cara mencegah penularan virus korona,” katanya.

Kali ini, MNC Life turut mengundang dokter spesialis penyakit dalam, Dr. Paskalis Gunawan, Sp. PD dari Rumah Sakit Mitra Keluarga. Selain menghadirkan narasumber dari luar, pihak MNC Life juga menyediakan tempat cek gula darah, kolesterol, asam urat, dan lain sebagainya.

"Selain hidup sehat, kita perlu memakai masker yang sesuai kaidah kesehatan, mencuci tangan dan mengonsumsi vitamin C," ucap Lilis Samsudin.

"Kami juga tidak menutup kemungkinan jika pihak dari luar ikut serta dalam acara ini," katanya.

Sementara itu, Indonesia sampai sekarang belum ada yang terkena virus korona. Sampel pun sering dikirim ke WHO, namun hasilnya selalu negatif.

Meski begitu, kita diingatkan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus korona. Apalagi bagi kebanyakan orang yang sedang bepergian keluar negeri, Dr. Paskalis Gunawan, Sp. PD memberikan tips khusus.

"Cuci tangan merupakan hal pertama untuk mengatasi Covid-19 ini. Sering-seringlah membersihkan tangan dengan menggunakan sabun atau alkohol. Untuk masalah lama cuci tangannya, minimal 30 detik," ujarnya.

Dr. Paskalis juga menyarankan menggunakan masker yang biasa tersedia di apotik. "Untuk orang awam, gunakan surgical mask. Masker ini sendiri bagus karena memiliki tiga lapisan, berbeda dengan paper mask atau masker yang biasanya punya gambar-gambar itu hanya memiliki satu lapisan,” katanya.

Dia kembali menambahkan soal cara memakai masker yang tepat. “Cara memakainya warna hijau di luar, bagian ujung yang elastis posisinya di batang hidung, sesuaikan sampai tidak ada celah angin masuk dan tutup sampai dagu. Jangan sering disentuh dan jangan sampai basah. Jika basah, segera dibuang dan ganti. Dan cara membuka masker, ambil dari tali yang tersangkut di telinga kita."

Saat ini harga masker naik. Dr Paskalis pun menyarankan kita bisa gunakan masker kain, tapi harus sering dicuci agar tetap terjaga dari kuman.

“Kemudian jika kita bersin ataupun batuk, disarankan menutupnya dengan tisu lalu buang. Sebaiknya dengan tisu karena kalau alternatif lain seperti sapu tangan, kumannya akan tinggal,” katanya.

Sering makan sayur, buah, dan makanan yang bergizi juga dianjurkan karena dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Paling penting sekali, konsumsi makanan yang benar-benar matang kuman akan mati.


Editor : Tuty Ocktaviany