Ciri-Ciri Penyakit Tangan Kaki dan Mulut yang Menyerang Anak-Anak, Ini Penyebabnya 

Muhammad Sukardi · Selasa, 10 Mei 2022 - 10:20:00 WIB
Ciri-Ciri Penyakit Tangan Kaki dan Mulut yang Menyerang Anak-Anak, Ini Penyebabnya 
Ilustrasi penyakit tangan kaki dan mulut pada anak. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini menyinggung soal penyakit tangan kaki dan mulut yang dipastikan berbeda dengan penyakit kuku dan mulut. Menkes pun meminta masyarakat tidak terlalu panik dan ketahui dahulu penyebab dari penyakit tersebut. 

Penyakit kuku dan mulut yang tengah mewabah di Jawa Timur hanya menyerang hewan, dan dipastikan tidak menular ke manusia. Menkes Budi menegaskan bahwa penyakit kuku dan mulut ini berbeda dengan penyakit tangan kaki dan mulut yang memang penyakit manusia.   

"Beda dengan Covid-19, dari kelelawar menyebar ke manusia. Kalau penyakit kuku dan mulut ini hanya menginfeksi hewan. Sementara penyakit tangan kaki dan mulut umumnya menyerang anak-anak," terang Menkes Budi dalam konferensi pers, dilansir Senin (9/5/2022). 

Terkait hal tersebut ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menjelaskan bahwa memang benar kedua penyakit itu berbeda. Penyakit kuku dan mulut itu menyerang hewan, sedangkan penyakit tangan kaki dan mulut kasusnya terjadi pada manusia, khususnya pada anak-anak berusia 0-6 tahun. 

"Penyakit tangan kaki dan mulut atau dalam dunia medis dikenal dengan Hand Foot and Mouth Disease (HFMD). Ini bukan penyakit baru dan prevalensi terbanyak ada di anak-anak 0-6 tahun," terang Dicky saat dihubungi wartawan, Selasa (10/5/2022).  

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda