Hari Jantung Sedunia, Begini Mencegah Penyakit yang Menjadi Penyebab Kematian Nomor 1 di Dunia

Siska Permata Sari ยท Minggu, 29 September 2019 - 12:40 WIB
Hari Jantung Sedunia, Begini Mencegah Penyakit yang Menjadi Penyebab Kematian Nomor 1 di Dunia

Olahraga renang bisa membuat jantung Anda selalu sehat. (Foto: Stocksy)

JAKARTA, iNews.id - Tanggal 29 September selalu diperingati sebagai World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Seperti yang kita semua tahu, penyakit kardiovaskuler termasuk penyakit jantung dan stroke adalah penyebab kematian nomor satu di dunia.

Penyakit tersebut telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, menunjukkan bahwa sebesar 1,5 persen atau 15 dari 1.000 penduduk menderita penyakit jantung koroner.

Pencegahan memang menjadi cara terbaik untuk menekan angka penyakit jantung. Pencegahan ini, tentunya harus dimulai dari diri masing-masing. Jadi, bagaimana cara membuat jantung tetap sehat? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Minggu (29/9/2019).

Konsumsi Makanan yang Sehat bagi Jantung

Pola diet atau apa yang Anda konsumsi sangat besar dampaknya bagi kesehatan jantung Anda. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi apa yang dicintai oleh jantung Anda.

Misalnya, daging ikan, susu, keju, dan yogurt yang mengandung kalsium. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, Anda bisa mendapatkannya dengan sayuran hijau, roti, dan sereal yang diperkaya kalsium. Selain itu, Anda bisa mencoba biji chia dan kacang walnut.

Olahraga

Berolahraga secara konsisten adalah salah satu metode untuk terus menjaga kesehatan jantung. Beberapa olahraga yang baik untuk jantung Anda, di antaranya latihan aerobik, latihan ketahanan, dan yoga sangat baik untuk memperlambat detak jantung, yang mana itu baik untuk jantung Anda. Kemudian olahraga alternatif di antaranya berenang, atau menari.

Tidak Merokok dan Vaping

Fungsi jantung memang telah terbukti jauh lebih baik pada orang yang tidak merokok. Perokok aktif dan pasif juga telah banyak dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular termasuk jantung. Tak hanya rokok, vape, atau alternatif dari rokok tersebut rupanya juga dapat memperburuk kesehatan jantung Anda.

Kurangi Stres dan Cukup Tidur

Stres dan kualitas tidur menjadi dua hal yang saling berkaitan. Jika salah satunya buruk, akan berdampak lebih buruk pula ke yang lainnya. Nah, jika kedua-duanya sudah kacau, dampaknya langsung ke kesehatan jantung Anda. Jadi, hindarilah stres dan cukup tidur yakni tujuh hingga delapan jam per malam. Atau, tidurlah yang cukup sehingga terhindar dari stres.

Minum Air Putih yang Cukup

Ketika mengalami dehidrasi, darah yang beredar lebih sedikit di seluruh tubuh Anda, dan jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkannya ke seluruh tubuh Anda. Jadi, tetap terhidrasi itu perlu.

Editor : Tuty Ocktaviany