Industri Farmasi Dukung Riset Bahan Baku Obat hingga Tingkatkan Layanan Kesehatan 

Vien Dimyati · Jumat, 07 Oktober 2022 - 00:02:00 WIB
Industri Farmasi Dukung Riset Bahan Baku Obat hingga Tingkatkan Layanan Kesehatan 
Industri farmasi dukung riset bahan baku obat dalam negeri (Foto: Sophos News)

JAKARTA, iNews.id - Industri farmasi di Tanah Air mendukung riset bahan baku obat untuk kemandirian kesehatan dalam negeri. Ada banyak yang bisa dilakukan, mulai dari mendukung riset membuat bahan baku obat (BBO) hingga meningkatkan layanan kesehatan.

Salah satunya, PT Kimia Farma Tbk sebagai anggota dari Holding BUMN farmasi di Indonesia mendukung program kemandirian farmasi dan alat kesehatan dari pemerintah. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Direktur Utama Kimia Farma, David Utama mengatakan, tujuan utama mendorong produksi BBO dalam negeri adalah untuk ketahanan nasional kemandirian Indonesia dalam industri farmasi dari hulu ke hilir, bukan dari segi komersil.

Kimia Farma melakukan dukungan melalui pengembangan riset dan produksi Bahan Baku Obat dalam negeri bersama PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) selaku anak usaha.

"Kami ingin meningkatkan kapabilitas riset pengembangan dan teknologi BBO, sehingga dapat menghasilkan BBO yang memenuhi standar kualitas nasional dan internasional," kata David.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda