Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Lakukan 5 Tips Nyaman Berjemur di Bawah Matahari

Okezone ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 20:30 WIB
Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Lakukan 5 Tips Nyaman Berjemur di Bawah Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari baik untuk imunitas tubuh. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id – Masyarakat diminta untuk aware menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus corona baru (Covid-19). Pasalnya, angka kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat seiring waktu.

Data per Kamis (26/3/2020), jumlah pasien positif mencapai 893 orang. Itu bertambah 103 kasus dari sebelumnya.

Menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto, penambahan pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 20 orang. Jumlah total pasien positif yang meninggal dunia secara nasional menjadi 78.

"Ada penambahan kasus dari hari Rabu (25/3/2020), pukul 12.00 WIB sampai hari ini Kamis (26/3/2020) pukul 12.00 WIB sebanyak 103 sehingga total menjadi 893," katanya dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta.

Tentu saja banyak cara bisa kita lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh atau imunitas. Salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mencegah defisiensi vitamin D, Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Matahari mengandung Ultraviolet A (AVA), Ultraviolet B (UVB), serta Ultraviolet C (UVC) alami. Kulit Anda paling membutuhkan UVA dan UVB agar lebih sehat.

Nah, karena kulit Anda akan terpapar sinar matahari sekira 10 hingga 20 menit, maka Anda harus memerhatikan kenyamanan. Bagaimana tips nyaman berjemur di bawah sinar matahari ya?

Simak ulasannya berikut ini dari Healtline, Kamis (26/3/2020).

1. Kenakan tabir surya SPF 30

Walau kulit sangat membutuhkan paparan sinar matahari, bukan berarti Anda tidak melindunginya. Oleskan tabir surya dengan SPF 30 saat 15 menit sebelum pergi keluar rumah. Pastikan Anda mengoleskan tabir surya di wajah, bibir tangan dan kaki yang terkena paparan sinar matahari.

2. Gunakan pakaian nyaman

Gunakan pakaian nyaman, terutama yang menyerap keringat. Selama berjemur, Anda dapat menggunakan kaus lengan pendek karena kulit tangan harus terpapar sinar matahari. Berjemurlah sambil melakukan kegiatan yang asyik dan tidak membosankan di bawah sinar mahati.

3. Gunakan sunglasses

Walau kulit Anda harus terpapar sinar matahari, bagian mata harus ditutupi lho. Sebab, sinar radiasi dari sinar matahari dapat mengganggu kesehatan mata. Makanya gunakan kacamata hitam untuk mencegah sinar matahari masuk ke mata.

4. Minumlah air putih

Selama berjemur, bukan berarti Anda lupa minum air putih. Karena saat terpapar sinar matahari, tubuh Anda akan mudah dehidrasi. Minumlah jika terasa haus saat menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari.

5. Makan tomat

Makanlah tomat segar sembari berjemur di bawah sinar matahari. Tomat mengandung lycopene dalam jumlah besar yang pasti dibutuhkan oleh kulit. Dari penelitian ResearchTrusted Source, makan tomat dapat membantu mencegah kemerahan kulit akibat sinar UV. Demikian dikutip dari Okezone.


Editor : Tuty Ocktaviany