Ketahui Waktu Tidur Bayi yang Ideal agar Tumbuh Kembang Optimal

Vien Dimyati · Senin, 23 Mei 2022 - 23:28:00 WIB
Ketahui Waktu Tidur Bayi yang Ideal agar Tumbuh Kembang Optimal
Ketahui waktu tidur ideal pada bayi (Foto: news anyway)

JAKARTA, iNews.id - Ruam dan gatal pada kulit bayi menjadi salah satu faktor si kecil tidak dapat tidur dengan nyenyak. Akibat hal tersebut, tumbuh kembang bayi dapat terganggu.

Maka itu, penting bagi orang tua mengetahui beberapa tips agar bayi dapat tidur dengan nyenyak saat malam hari. Apa saja tips tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (23/5/2022).

Bidan Novelita Damanik mengatakan, tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh dan fungsi organ agar anak berkembang optimal serta meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak. 

Menurutnya, bayi usia 0-3 bulan idealnya tidur 14-17 jam per hari, usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam, batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam, sedangkan usia 3-5 tahun 10-13 jam. 

"Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya," ujar Novelita melalui keterangannya belum lama ini. 

Dia menjelaskan, adapun beberapa tips untuk membantu bayi dan batita tidur nyenyak antara lain menyusui bayi hingga kenyang, gunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat, suhu ruangan yang pas, redupkan cahaya di kamar, dan minimalisasi suara yang dapat mengganggu. 

Selain itu, orang tua juga dapat mengatur posisi tidur bayi senyaman mungkin, dan pastikan bayi menggunakan popok dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap dengan baik agar mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: