Kurangi Buncit dalam Sehari, Ini Cara Mudah yang Bisa Anda Coba

Siska Permata Sari ยท Selasa, 30 Oktober 2018 - 13:00 WIB
Kurangi Buncit dalam Sehari, Ini Cara Mudah yang Bisa Anda Coba

Perbanyak makanan berserat untuk mengurangi perut buncit. (Foto: Coach)

JAKARTA, iNews.id - Perut buncit kadangkala dikaitkan dengan tumpukan lemak yang tertimbun di tubuh Anda. Faktanya, perut buncit tak hanya disebabkan oleh lemak yang berasal dari konsumsi harian Anda, tetapi bisa karena metabolisme tubuh yang melambat, serta gas dan air dalam tubuh.

Meskipun penyebabnya berbeda, perut buncit bisa diatasi dengan cara sederhana yang bahkan bisa dilakukan selama satu hari saja. Tentunya, diperlukan pula konsistensi agar hasilnya maksimal. Cara-cara mudah di bawah ini, bahkan bisa menurunkan berat badan Anda, lho!

Ingin tahu caranya? Yuk, simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Self, Selasa (30/10/2018).

Tukar Semua Minuman dengan Air Putih

Jika Anda terbiasa mengonsumsi soda, minuman manis atau bergula tinggi, alkohol hingga kafein secara konstan, cobalah menukar seluruh minuman tersebut dengan air putih. Sebab, minuman-minuman berkarbonasi seperti soda dapat mengantarkan kandungan gas-gas ke perut Anda, sehingga membuat perut terasa kembung dan lebih buncit dari biasanya. Selain itu, minum air putih juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Kurangi Gula

Anda memang perlu asupan gula yang memiliki efek bagus bagi kesehatan ketika dikonsumsi dalam batas wajar. Namun, mengonsumsi keduanya secara berlebihan adalah kesalahan yang fatal. Sebab, keduanya sangat mempengaruhi saluran pencernaan Anda. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis secara berlebihan dapat membuat Anda mengalami masalah pencernaan serius, mulai dari perut bergas, kram, kembung, bahkan diare.

Cukup Konsumsi Serat

Serat adalah kunci agar saluran cerna Anda tetap sehat. Mengonsumsi serat yang cukup bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu penurunan berat badan lebih cepat. Namun, terlalu banyak serat juga dapat menghasilkan gas, yang membuat Anda perut kembung. Pakar merekomendasikan untuk menargetkan antara 20 hingga 25 gram serat per hari dan minum banyak air. Selain itu, pilihan sumber serat yang sehat seperti buah dan sayuran.

Batasi Karbohidrat

Karbohidrat bukanlah musuh. Dia dibutuhkan untuk membakar kalori dan membuat tubuh Anda tidak lemas saat proses pembakaran tersebut. Namun, mengonsumsi banyak karbohidrat dapat menyebabkan perut Anda padat dengan gas-gas yang membuat kembung. Tetapi, Anda bisa membatasi asupan karbohidrat misalnya mengurangi karbo selama satu atau dua hari selama seminggu.

Perhatikan Porsi Anda

Apa pun yang berlebihan tidak baik. Begitu juga asupan makanan harian Anda. Sebab semakin banyak mengonsumsi makanan, akan membuat perut Anda semakin padat dengan gas yang membuat kembung dan buncit.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany