Makanan-Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Para Lansia, Salah Satunya Ubi

Antara ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 19:37 WIB
Makanan-Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Para Lansia, Salah Satunya Ubi

Ubi bisa tingkatkan imunitas bagi para lansia. (Foto: Deccanchronicle)

JAKARTA, iNews.id - Sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah setelah usia 65 tahun. Para lansia disarankan mengonsumsi sejumlah makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi para lansia, dibutuhkan diet seimbang yang kaya vitamin dan mineral tertentu. Hal ini dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada lansia, seperti dilansir Boldsky, Minggu (7/6/2020).

1. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Ubi

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi dikemas dengan antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh orangtua. Sayuran manis ini juga kaya karbohidrat baik. Setidaknya berilah ubi seminggu sekali bagi para lansia.

3. Bayam

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan serta beta karoten, bayam juga baik untuk tambahan diet. Bayam kaya akan vitamin K, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk lansia.

4. Telur

Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orangtua.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa lebih tua.

6. Jamu dan rempah

Mengonsumsi jamu dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kayu manis dan oregano juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Protein utuh

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai adalah tambahan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

8. Air

Sangat penting bagi orangtua minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembap dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

Editor : Tuty Ocktaviany