Manfaat Kalsium dan Asupan Hariannya untuk Tubuh

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 17 Januari 2022 - 17:00:00 WIB
Manfaat Kalsium dan Asupan Hariannya untuk Tubuh
Kalsium. (Foto: Ilustrasi/Combiphar)

JAKARTA, iNews.id - Anda mungkin berpikir kalsium hanya untuk tulang saja, tetapi sebenarnya kalsium dapat memberi manfaat bagi tubuh Anda dalam banyak cara. Mari kita lihat lebih dekat apa saja kebaikan yang bisa didapatkan dari asupan kalsium.

Berbagai Manfaat Kalsium untuk Tubuh

(Foto: Ilustrasi/Combiphar)
(Foto: Ilustrasi/Combiphar)

Dalam tubuh, kalsium paling banyak ditemukan pada tulang dan gigi. Sebab, keduanya bertindak sebagai tempat penyimpanan kalsium. Nantinya, tulang dan gigi melepaskan kalsium setiap tubuh Anda membutuhkannya.

Di bawah ini merupakan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memenuhi kecukupan kalsium sehari-hari.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu manfaat utama kalsium yaitu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi. Mineral ini memang dikenal dengan fungsinya dalam membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi lebih kuat dan tidak rapuh untuk mencegah Anda dari risiko penyakit tulang seperti osteoporosis. Penyakit osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang mulai mengalami pengeroposan yang berkelanjutan.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kalsium dibutuhkan dalam proses pembekuan darah, mampu menjaga kerja otot jantung untuk membuat detaknya lebih teratur, serta mengontrol kontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Mineral ini juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah.

3. Baik untuk fungsi saraf

Sistem saraf tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk mengirim sinyal dari otak ke bagian tubuh manusia lainnya. Selain itu, kalsium dapat bertindak sebagai obat penenang alami yang merilekskan sistem saraf dan mengurangi rasa sakit.

Sumber Kalsium untuk Penuhi Kebutuhan Harian

Seiring bertambahnya usia, kadar mineral tubuh akan semakin berkurang. Maka dari itu, Anda harus mendapatkan asupannya dari sumber lain yakni makanan atau minuman yang kaya kalsium. Kalsium dapat ditemukan pada:

a. produk susu, seperti keju, susu, dan yogurt,

b. sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli dan kale,

c. ikan dengan tulang lunak seperti sarden dan salmon serta

d. makanan dan minuman fortifikasi kalsium, seperti produk kedelai, sereal, dan jus buah.

Berapa banyak asupan kalsium yang dibutuhkan? Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda terhadap mineral ini tergantung dengan usia dan jenis kelaminnya. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan tahun 2019, di bawah ini angka kecukupan gizi kalsium per hari.

tabel combiphar

Ibu hamil akan membutuhkan asupan kalsium lebih banyak dengan menambahkan 200 miligram sesuai usia masing-masing.

Mengenal Osteopor Suplemen Kalsium untuk Membantu Memelihara Kesehatan Tulang
 
Osteopor adalah suplemen kalsium yang diproduksi oleh PT Combiphar, perusahaan farmasi Indonesia terpercaya, yang sudah dipasarkan sejak enam tahun lalu.

Suplemen ini memilih penggunaan kalsium fosfat dalam komposisi bahan aktifnya karena kalsium fosfat adalah kalsium yang banyak ditemui di dalam susu sapi. Seperti kita ketahui bersama, susu sapi merupakan sumber utama kalsium sehari-hari, yang tidak hanya tinggi kalsium, tetapi juga tinggi fosfor. Keduanya merupakan elemen utama pembentuk tulang.

Osteopor. (Foto: Combiphar)
Osteopor. (Foto: Combiphar)

Osteopor mengandung Kalsium, Vitamin D3, Soy Isoflavon, Zinc dan Magnesium yang bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan mempertahankan massa tulang disertai aktivitas fisik yang tinggi serta konsumsi makanan gizi seimbang.

Nilai plus dari kalsium fosfat dibandingkan bentuk kalsium lainnya adalah

1.      Proses penyerapannya hanya membutuhkan sedikit asam lambung

2.      Lebih ramah terhadap pencernaan, karena efek samping yang ditimbulkannya minimal, seperti timbulnya gas dan konstipasi/sembelit

Osteopor juga mengandung isoflavon yaitu senyawa yang banyak ditemukan pada kacang kedelai. Zat ini disebut fitoestrogen, karena memiliki sifat dan cara kerja menyerupai hormon estrogen pada wanita. 

Manfaat isoflavon ternyata banyak sekali, antara lain:

1.      membantu mencegah pengeroposan tulang dengan meningkatkan kepadatan tulang 

2.      meringankan gejala hot flushes yang biasa dialami oleh wanita saat mengalami menopause

3.      Sebuah penelitian pada 2020 menyebutkan bahwa isoflavon pada kedelai berpotensi meningkatkan fungsi otak

4.      Menurunkan risiko penyakit kronis. Sebagai antioksidan, isoflavon bekerja dengan melindungi sel dari efek radikal bebas yang merusak

Osteopor juga mengandung Magnesium yang berperan dalam membantu aktivasi vitamin D yang mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat untuk menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang. Perbandingan jumlah Kalsium dan Magnesium dalam suatu komposisi suplemen ternyata harus diperhatikan, karena beberapa penelitian menyatakan bahwa jika perbandingan Kalsium : Magnesium kurang dari 2:1 maka dapat  mengurangi risiko peradangan yang lebih besar.

Format Osteopor berupa kapsul dengan ukuran sedang ternyata juga memudahkan konsumen menelan dibandingkan format dalam bentuk kaplet yang keras dan besar.

Dapatkan Osteopor dengan mudah di Combiphar Official Store melalui link berikut ini.

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: