Munculnya Virus BtSY2 Mirip Covid-19 Bikin Heboh, Sudah Menyebar ke Manusia?

Kevi Laras Wana ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 21:07:00 WIB
Munculnya Virus BtSY2 Mirip Covid-19 Bikin Heboh, Sudah Menyebar ke Manusia?
Muncul virus mirip Covid-19. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 belum usai. Namun, masyarakat sudah dihebohkan dengan penemuan virus baru yang menyerupai Covid-19, yakni BtSY2.

Virus ini dikatakan mirip dengan virus SARs-COV-2 atau Covid-19 dan dikawatirkan mudah menular ke manusia. Virus tersebut diketahui ditemukan di kawasan China Selatan.

Melansir dari Daily Mail, BtSY2 ditemukan pada kelelawar di kawasan tersebut. Dalam laporan tersebut, ilmuwan menyebut bahwa ada satu dari lima virus yang berpotensi menular ke manusia.

"Kami mengidentifikasi lima spesies virus yang mungkin menjadi patogen bagi manusia atau ternak, termasuk virus corona rekombinan mirip SARS terkait erat dengan SARS-CoV-2 dan 50 SARS-CoV," kata tim tersebut seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (1/12/2022).

Terkait dengan kabar tersebut, Satgas Covid-19 Ikatan dokter Indonesia (IDI) dr Erlina mengimbau agar masyarakat tidak panik. Sebab, hingga saat ini, virus BtSY2 belum ditemukan pada manusia.

"Itu virus yg ditemukan di hewan (kelelawar), mirip virus Sarcov2. Masih di kelelawar, belum ditemukan di manusia, jadi tidak perlu panik," kata Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K) kepada MNC Portal.

Namun, dia menjelaskan, virus BtSY2 juga memiliki domain pengikat reseptor. Itu merupakan bagian penting dari protein yang digunakan untuk menempel ke sel-sel manusia, mirip dengan SARS-CoV-2. 

Peneliti dalam laporan tersebut juga  mengungkapkan, virus ini memang dapat menginfeksi manusia. Lebih lanjut, studi juga menyoroti kejadian umum penularan antar spesies dan koinfeksi virus kelelawar, serta implikasinya terhadap kemunculan virus.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda