Peneliti Identifikasi 9 Jenis Obat yang Bisa Sembuhkan Covid-19

Ratu Syra Quirinno ยท Senin, 05 April 2021 - 13:35:00 WIB
Peneliti Identifikasi 9 Jenis Obat yang Bisa Sembuhkan Covid-19
Peneliti sedang mengidentifikasi obat Covid-19. (Foto: Reuters)

Para peneliti menguji semua obat ini untuk menemukan apakah mereka mampu mengekang replikasi SARS-CoV-2 dalam sel yang terinfeksi, tanpa menyebabkan banyak toksisitas. Setelah analisis, mereka mengidentifikasi dan memvalidasi beberapa senyawa yang bekerja di sel ginjal monyet dan 23 yang bekerja di sel hati manusia. Mereka menemukan bahwa obat Hydroxychloroquine dan remdesivir sama-sama efektif pada kedua jenis sel.

Sembilan Kemungkinan Obat Covid karena SARS-CoV-2 pada dasarnya adalah virus pernapasan dan diperkirakan memulai infeksi melalui sel lapisan saluran napas, para peneliti mencari jenis sel pernapasan yang dapat mereka infeksi secara eksperimental dengan virus. 

Untuk tujuan ini, mereka mengidentifikasi Calu-3, yang berasal dari sel lapisan saluran napas manusia. Para peneliti hanya menemukan sembilan dari sel yang diturunkan dari pernapasan untuk menguji senyawa antivirus yang diidentifikasi melalui layar sel hati manusia. Sembilan obat potensial tersebut tidak termasuk hydroxychloroquine.

Di antara sembilan antivirus yang dapat membantu mengobati infeksi saluran pernapasan termasuk salinomycin, antibiotik hewan yang juga sedang diteliti sebagai obat antikanker; penghambat enzim kinase dacomitinib, obat antikanker; bemcentinib, penghambat kinase lain yang sekarang sedang diuji untuk melawan kanker; ebastine obat antihistamin; dan siklosporin, obat penekan kekebalan yang biasa digunakan untuk mencegah penolakan kekebalan organ yang ditransplantasikan.

Editor : Dyah Ayu Pamela